Taman Nasional Laut Bunaken

Taman Nasional Laut Bunaken

Kidnesia.com - Taman Nasional Laut Bunaken sudah terkenal di dunia dengan kekayaan alam dan keindahan kehidupan di bawah lautnya. Kawasan ini luasnya 89.065 Ha meliputi 3 kabupaten (Minahasa, Minahasa Utara, dan Minahasa Selatan) dan 1 kota (Manado).

Bunaken terbagi menjadi 2 bagian, yakni utara meliputi 5 pulau dan sebagian wilayah pesisir pulau Sulawesi serta selatan yang meliputi seluruh wilayah daratan pesisir Pulau Sulawesi.

Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari Kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Kelautan Manado Tua.

Taman Laut Bunaken memiliki 29 titik selam (dive spot) dengan kedalaman mulai 1.344 meter. Dari 20 titik selam, 12 titik selam diantaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Ke-12 titik selam inilah yang kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemadangan laut.

Namun, apabila bukan penyelam, pengunjung masih bisa menikmati biota laut di sini karena kejernihan air lautnya membuat pengunjung tetap dapat menikmati keindahan biota laut walau hanya melihat dari atas perahu.

Ayo, buat para penyelam, jangan lewatkan Taman Nasional Laut Bunaken yah!

Teks: Indira/Desy,  Foto: indonesiaindonesia.com, gocelebes.com

Author

kidnesia

Tags

Related Article