Zodia Pengusir Nyamuk

Zodia Pengusir Nyamuk

Salah satu tanaman hias yang laris saat musim penyakit DBDdatang adalah tanaman ZODIA.

Tanaman Zodia
Zodia tanaman hias pengusir nyamuk. Foto:brmc.biotrop.org
Zodia (Evodia suaveolens) merupakan tanaman yang termasuk ke dalam keluarga Rutaceae. Tanaman ini mengandung evodiamine dan rutaecarpine.

Zodia adalah tanaman hias anti-nyamuk atau pengusir nyamuk asli Indonsia yang hidup di Papua. Tanaman hias ini biasanya laku terjual saat musim penyakit DBD datang.

Khasiat Zodia
Banyak yang sudah membuktikan bahwa aroma zodia bisa membuat nyamuk enggan mendekat. Konon, daunnya pun bisa mengobati kulit yang bentol karena gigitan nyamuk.

Oleh penduduk Papua tanaman ini digunakan untuk menghalau serangga jika hendak ke hutan, yaitu dengan menggosokkan daunnya ke kulit.

Tanaman yang tingginya bisa mencapai 200 cm ini bisa mencapai 200 cm ini bisa ditanam di pot. Aroma wangi daun zodia yang berasal dari gesekan daun ketika tertiup angin dipercaya bisa mengusir nyamuk dan serangga.

 Cara Mendapatkan Zodia
Tanaman zodia bisa dengan mudah kita dapatkan. Kamu bisa membeli bibitnya dengan harga cukup terjangkau, kira-kira Rp5.000 -- Rp10.000 per pohon. 

Tanaman ini juga bisa diperbayak, yaitu dengan menanam kembali biji yang jatuh di sekitarnya atau dengan stek ranting.

Nah, apakah kamu sudah pernah melihat tanaman ini? Yuk, kita cari Zodia! (Ervina/kidnesia/Agus Kardinan/Peneliti Balai Penelitian Tanaman Rempah & Obat)

Author

Ervina Kidnesia

Tags

Related Article