Sandel: Kuda Pacu Asli Indonesia

Sandel Kuda Pacu Asli Indonesia

RIC_5645
Kidnesia.com - Kuda Sandalwood Pony lebih dikenal dengan sebutan Kuda Sandel atau Kuda Sumba. Kuda Sandel adalah kuda pacu asli Indonesia yang berasal dan dikembangkan  di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Kuda ini merupakan hasil persilangan antara kuda Arab dan Kuda Poni Lokal.

Kuda Sandel memiliki tinggi punggung antara 130-142 cm. keistimewaan kuda ini dibanding kuda yang lain, yaitu terletak pada kaki dan kukunya yang kuat serta lehernya yang besar. Warna rambutnya pun bevariasi, ada warna hitam, putih, merah, krem, abu-abu, dan juga belang.

Kuda Sandel terkenal karena memiliki kekuatan dan daya tahan yang tinggi. Sehingga kuda ini banyak dipergunakan sebagai kuda tarik, kuda tunggang, serta kuda pacu. Kuda ini juga sebagai salah satu jenis kuda dengan stamina yang kuat.

Pada zaman dahulu, kuda ini sering dipakai oleh masyarakat Sumba sebagai kendaraan perang. Salah satunya dalam upacara adat tradisional masyarakat Sumba yang disebut Pasola. Pasola merupakan bukti kepiawaian pria Sumba menunggang kuda sambil berperang.

Teks: Ikaputriasti, Foto: Ricky Martin

 

Author

Iveta Rahmalia

Tags

Related Article