Yuk, Jalan-Jalan ke Pulau Abang!

Yuk Jalan Jalan ke Pulau Abang

Kidnesia.com - Pulau Abang adalah sebuah pulau kecil yang berada di sebelah selatan kota Batam, provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berukuran kurang lebih 2.000x5.000 meter dan berjarak sekiranya 50 km dari daerah Muka-Kuning Pulau Batam.

Terumbu Karang

Pulau Abang dikenal dengan pantainya yang indah, apalagi beragam terumbu karang dan ikan hias berwarni-warni semakin menambah keindahan pulau tersebut. Wilayah laut di sekitar Pulau Abang dan Pulau Petung pun banyak dikunjungi oleh para penggemar memancing ikan.

Jenis ikan yang didapat antara lain ikan selar, lencing, pasir merah, kakap merah, pinang, ikan buntal, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga dapat menemukan spesies karang langka, yaitu blue coral. Spesies ini hanya hidup di perairan yang jernih dengan kualitas air yang harus baik.

Menjaga Kelestarian Alam

Pulau yang masih dijaga kelestariannya ini dihuni oleh sekitar 400 jiwa dalam 100 kepala keluarga. Apabila digabungkan dengan sekelilingnya, maka jumlah penduduknya mencapai 1.200 jiwa orang dalam 300 kepala keluarga. Rupanya, masyarakat sekitar Pulau Abang terus dibina untuk menjaga dan melestarikan terumbu karang sebagai aset pariwisata dan dapat membantu perekonomian mereka selain bekerja sebagai nelayan atau pedagang.

Untuk makanan, pulau ini dikenal dengan makanan keong rebus. Nah, keong rebus yang nikmat atau kepiting asam manis yang menggiurkan dapat kamu cicipi di warung makan sekitar Pulau Abang. Hmmm... rasanya sungguh nikmat, lo!

Pulau Abang ini dapat dicapai dengan mengendarai mobil dari Batam sekitar 1.5 jam hingga tiba di Jembatan 6 Barelang. Lalu, dilanjutkan dengan menyeberangi Sungai Budus menuju Pulau Abang dengan jarak 12 km menggunakan perahu boat atau biasanya warga setempat menamakannya bot pompong.

Teks: Desy/Sumber:Wonderful Indonesia

Author

kidnesia

Tags

Related Article