Jembatan Barelang Menyatukan 6 Jembatan!

Jembatan Barelang Menyatukan 6 Jembatan

Kidnesia.com - Coba bayangkan jika ada sejumlah jembatan dijadikan satu! Panjang itu pasti. Nah, itu hanya bisa dijumpai di Jembatan Barelang yang menyatukan 6 jembatan. Keren, kan?

Barelang

Jembatan Barelang adalah singkatan dari singkatan dari BAtam, REmpang, dan gaLANG. Nama ini dipakai karena jembatan ini menghubungkan Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.

Namun masyarakat sekitar juga menyebutnya sebagai Jembatan Habibie. Jembatan ini memang yang memprakarsai adalah Presiden BJ Habibie.

Jembatan Barelang sudah menjadi ikon Pulau Batam. Tujuan dibangunnya jembatan ini adalah untuk menghubungkan wilayah-wilayah itu karena wilayah-wialayah tersebut dirancang menjadi kawasan industri di kepulauan Riau. Total panjang Jembatan Barelang

Enam Jembatan

Jembatan Barelang  terdiri dari 6 jembatan yang punya nama sendiri sendiri. Keenam jembatan itu adalah Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan I), Jembatan Nara Singa (jembatan II), Jembatan Raja Ali Haji (jembatan III), Jembatan Sultan Zainal Abidin (jembatan IV), Jembatan Tuanku Tambusai (jembatan V), dan Jembatan Raja Kecik (jembatan VI).

Nama-nama ini diambil dari nama raja-raja yang pernah memerintah di wilayah Kepulauan Riau. Di antara ke enam jembatan itu, Jembatan Tengku Fisabilillah lah yang paling dikenal dan akhirnya menjadi ikon Jembatan Barelang. Jembatan Barelang menjadi penghubung  dari Trans Balerang sepanjang 54 kilometer.

Buatan Indonesia

Hebatnya, jembatan ini benar-benar diprakarsai dan dikerjakan oleh ratusan insinyur Indonesia tanpa campur tangan tenaga ahli dari luar negeri.  Dibangun untuk memperluas wilayah kerja Otorita Batam (OB) sebagai regulator daerah industri Pulau Batam. Pembangun jembatan Trans Barelang telah menyedot anggaran Otorita Batam (OB) sebesar Rp 400 Miliar yang dibangun dalam masa enam tahun (1992 - 1998).

Nah, kalau main ke Batam, jangan lupa untuk mengunjungi Jembatan Barelang, ya, supaya tahu seperti apa sih jembatan yang menyatukan 6 jembatan ini.

Teks: Wahyu; Foto: www.bpbatam.go.id

Author

kidnesia

Tags

Related Article