Bintaro, Tanaman yang Beracun

Bintaro Tanaman yang Beracun

bintaro
Kidnesia.com - Bintaro adalah sebuah tanaman yang banyak tumbuh di Riau. Tepatnya di Teluk Meranti, Riau. Tanaman ini sangat beracun dan berbahaya bagi manusia. Tapi, ternyata tanaman ini juga mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia. Manfaatnya berasal dari biji bintaro.

Daun bintaro berbentuk bulat telur, berwarna hijau tua, dan tersusun berselingan mengelilingi bunganya. Bunga tanaman bintaro berwarna merah  muda. Bunganya cantik dan sangat harum, lo! Buahnya berbentuk seperti telur ketika masih muda berwarna hijau. Jika sudah masak, warnanya akan berubah menjadi merah cerah.

Tanaman ini mengandung racun, yaitu cerberin. Racun ini dapat mempengaruhi jantung dan mengganggu detak jantungnya. Bahkan jika kayunya dibakar pun asapnya mengandung racun. Wah, berbahaya sekali ya! Getahnya yang beracun sering dipakai sebagai racun panah dan digunakan untuk berburu.

bintaro 2
Walaupun sangat beracun, tanaman ini juga bermanfaat bagi kehidupan manusia, lo! Tanaman ini biasanya merupakan bagian dari hutan bakau. Oleh karena itu, bintaro bisa digunakan untuk tumbuhan penghijauan di daerah pantai. Bintaro juga bisa digunakan untuk meneduhkan sebuah kota.

Selain itu, biji bintaro bisa menghasilkan minyak. Minyak ini menjadi alternatif pengganti minyak tanah. Warga di Teluk Meranti, Riau sudah menggunakan minyak ini sebagai pengganti minyak tanah. Jadi, masyarakat di sana tidak tergantung dengan minyak tanah.

Ternyata sesuatu yang beracun bisa menjadi manfaat juga ya untuk kehidupan kita. Contohnya seperti tanaman bintaro ini.

Teks: Maya, Foto: wikipedia.org/kompasiana.com/alamendah.com

_____________________________________________________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Bintaro Pengganti Minyak Tanah

- Jambu Air Nasi-Nasi

- Perpustakaan Unik Berbentuk Buku

Author

Desy Hartini

Tags

Related Article