Pulau Penyengat. Masjid Sultan Riau. Foto: wikipedia.org

Kidnesia.com - Provinsi Kepulauan Riau terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 2002 yang merupakan Provinsi ke-32 di Indonesia. Provinsi ini mencakup Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, dan Kabupaten Lingga.

Selain itu, pada Provinsi Kepulauan Riau  juga terbagi atas 52 kecamatan dan 299 kelurahan/desa dengan jumlah 2.408 pulau besar serta 30% pulau kecil yang belum bernama dan berpenduduk.

Terletak di pulau Sumatera. Sebelah utara berbatasan dengan Kepulauan Riau dan Selat Malaka, sebelah selatan dengan Provinsi Jambi dan Selat Berhala, di sebelah timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan (Provinsi Kepulauan Riau) , dan sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Sumatera Utara.

Adapun jumlah penduduknya adalah 1.679.163 jiwa (data statistik Indonesia 2010)

Riau kaya akan sumber daya alam, baik kekayaan yang terkandung di perut bumi, berupa minyak dan gas bumi, emas, dan lain-lain. termasuk kekayaan hutan, perkebunan, sungai, dan lautnya. Seiring otonomi daerah, kekayaan tersebut bertahap mulai disalurkan secara penuh ke daerah (tidak sepenuhnya diberikan ke pusat) lagi.

Kantor Guberner Kep.Riau
Kantor Gubernur Kep. Riau. Foto: wikipedia.org

Dasar hukum UU No. 25 Tahun 2002
Ibu kota: Tanjungpinang
Gubernur: Ismeth Abdullah
Luas: 251.000 km² (96% perairan, 4% daratan & 2408 pulau)
Kabupaten: 5
Kodya/Kota: 2
Kecamatan: 52
Kelurahan/Desa: 299

Suku: Melayu, Bugis, Jawa, Sunda, Tionghoa, Minang, Batak, Aceh, Flores, Banjar
Agama: Islam, Kristen, Buddha, Hindu
Bahasa: Bahasa Melayu Riau, Bahasa Indonesia
Zona waktu: WIB

(Kidnesia/ Berbagai sumber)