Desa Gedong yang Cantik

Desa Gedong

Kidnesia.com - Untuk menjadi desa cantik atau menarik, tidak harus mewah, lo. Seperti Desa Gedong, walaupun sederhana, tapi desa ini tetap cantik.

Apa kamu tahu Desa Gedong? Desa cantik ini terletak di Kelurahan Kuto Panji, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Desa Gedong adalah desa tertua di Bangka yang sudah ada sejak abad ke-18. Desa ini merupakan perkampungan pecinaan, maksudnya penduduk desa ini adalah keturunan dari China daratan (Tionghoa Hakka).

Desa Gedong, Blinyu, Bangka (16) copy

Mereka didatangkan ke Bangka oleh kolonial Belanda untuk dipekerjakan sebagai penambang timah. Banyak yang bilang, tempat asal mereka adalah Provinsi Guangdong yang terkenal sebagai penambang yang handal.  

Desa yang dinobatkan sebagai desa wisata tahun 2000 ini terasa tenang. Bangunan-bangunannya mempertahankan bangunan China yang sudah tua atau jadul (jaman dulu).

Walaupun rumah-rumahnya antik dan tua, tapi masih bisa dihuni dan kuat berdiri. Bahan bangunannya rata-rata terbuat dari kayu, beratapkan genting.

Desa Gedong, Blinyu, Bangka (22) copy

Bangunan-bangunan sederhana yang antik itu semakin membuat Desa Gedong tampil cantik. Ada sekitar tujuh rumah yang masih mempertahankan keasliannya dari pertama kali dibangun. Diperkirakan usianya sudah lebih dari 100 tahun.

O ya, walapun dekat dengan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mantang, Desa Gedong yang cantik belum bisa menggunakan listrik. Penduduk menggunakan genset untuk memasok kebutuhan listrik mereka. Walaupun begitu, desa ini masih tetap terlihat cantik, lo.

Teks: Iveta, Foto: www.indonesia.travel

Author

kidnesia

Tags

Related Article