Kota Seribu Karang. Tanjung Tinggi, Belitung. Foto: Susy Putranti/Grup Gramedia Majalah

Kidnesia.com - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  dikenal juga sebagai provinsi seribu pantai karang. Provinsi ini ibukotanya Pangkal Pinang. Secara koordinat, wilayah ini berada di 1º 50' - 3º 10' LS 105º - 108º BT.

Penduduk pulau ini pada 2010 mencapai 1.223.296. Suku yang tinggal di wilayah ini cukup beragam, meski mayoritas suku melayu. Untuk agama yang dianut juga beragam, lo. Sedangkan untuk bahasa, lebih banyak menggunakan bahasa melayu.

Di utara, wilayahnya berbatasan dengan Laut Natuna. Bagian timur dengan Selat Karimata, bagian selatan dengan Laut Jawa, dan bagian barat dengan Selat Bangka.

Provinsi ini terdiri dari tujuh kabupaten, yaitu

1. Kab. Bangka, 
2. Kab. Belitung, 
3. Kab. Bangka Barat, 
4. Kab. Bangka Tengah, 
5. Kab. Bangka Selatan, 
6. Kab. Belitung Timur, dan
7. Kota Pangkalpinang.

Asal kamu tahu saja, dulunya sebelum menjadi provinsi, Kepulauan Bangka dan Belitung  menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Selatan.  

Namun, sejak UU No. 27 Tahun 2000 pada 21 November 2000, Kepulauan Bangka Belitung resmi menjadi sebuah provinsi di Indonesia. 

Di provinsi ini, banyak terdapat tempat menarik, lho, selain bekas-bekas tambang timah yang bertebaran di pelosok-pelosoknya.

Ada Pantai Parai  (di P. Bangka), Tanjung Tinggi, P. Lengkuas, P. Babi, Tanjung Kelayang  dan P. Burung yang terdiri dari batu-batu besar membentuk kepala burung Kelayang (di P. Belitung).

Hmm.. makanannya pun, enak-enak!

Ada mie Belitung, ada terasi Belitung, kopi Belitung, ada krupuk ikan, krupuk cumi, dan satu yang khas dari Pulau Belitung adalah jeruk kecil berwarna hijau yang disebut Jeruk Kunci.

Hihihi.. entah dari mana asalnya dinamakan jeruk kunci, padahal bentuknya saja tak mirip sama sekali dengan sebuah kunci. Heheheh...

Kalau kamu ke Pulau Bangka Belitung , cicipi saja ya, air jeruk kunci yang menyegarkan itu. Selamat jalan-jalan, ya.

Teks: Ervina, Foto: Susy Putranti

Related Article