Tanaman Lada

Tanaman Lada

Lada
Lada
Kidnesia.com - Lada, disebut juga Merica, yang mempunyai nama Latin Piper Albi Linn adalah sebuah tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, dan pati. Lada bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik (obat yang digunakan untuk menurunkan suhu tubuh).

Tanaman ini sudah mulai ditemukan dan dikenal sejak puluhan abad yang lalu. Pada umumnya, orang-orang hanya mengenal lada putih dan lada hitam yang mana sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur.

Tanaman ini merupakan salah satu komoditas perdagangan dunia dan lebih dari 80%. Adapun hasil lada Indonesia diekspor ke negara luar. Lada Indonesia dikenal dengan nama Muntok WhitePepper untuk lada putih dan Lampong Black Pepper untuk lada hitam. Lada juga disebut sebagai raja dalam kelompok rempah-rempah (King of Spices) karena lada merupakan bahan baku industri makanan siap saji, obat-obatan, kosmetik yang paling banyak diperdagangkan.

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi penghasil ladaterbesar setelah Lampung dan Bangka Belitung. Saat ini, Kalbar memiliki produksi lada terbesar kelima se-Indonesia. Khusus Kalbar, Kabupaten Bengkayang adalah penghasil terbesar disusul Kabupaten Sambas.

Berdasarkan data Dinas Perkebunan Kalbar tahun 2012, total produksi tanaman lada mencapai 4.513 ton. (Kidnesia/berbagai sumber, Foto: www.budidaya.web.id)

Author

Ervina Kidnesia

Tags

Related Article