Jawa Timur

Kidnesia.com -  Provinsi Jawa Timur beribukota Surabaya. Provinsi ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di barat.

Lambang Provinsi Jawa Timur
Lambang Provinsi Jawa Timur (sumber: wikimedia.org)

Di masa lalu, Jawa Timur  menjadi pusat kekuasaan tiga kerajaan besar: Kerajaan Kediri, Singasari, dan Majapahit. Di zaman Majapahit, provinsi yang merupakan wilayah kekuasaan Nusantara paling luas.

Sekarang, provinsi yang terdiri dari 8 kotamadya dan 29 kabupaten ini menjadi salah satu pemasok pangan nasional. Selain itu, kota Surabaya (Ibukota Jawa Timur) menjadi kota tersbesar kedua di Indonesia, setelah Jakarta.

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu (sumber: jatimprov.go.id)

Dan asal kamu tahu saja, Pulau Madura adalah pulau terbesar di Jawa Timur . Pulau ini dipisahkan dari daratan Jawa oleh sebuah selat yang dinamakan Selat Madura. Secara koordinat, kawasan ini berada di 9º 0' - 4º 50' LS 110º 30' - 116º 30' BT.

Dasar hukum UU No. 2/1950
Ibu kota Surabaya 
Gubernur DR. H. Soekarwo, SH, M.Hum

Peta Provinsi Jawa Timur
Peta Jawa Timur (sumber: wikimedia.org)

Daerah ini mempunyai luas 47.922 km² dan berpenduduk 37.476.757 jiwa (2010) Kepadatan 780/km². O ya, Jawa Timur memiliki 29 kabupaten, 9 kodya/kota, 637 kecamatan, dan 8.418 kelurahan/desa.

Suku yang menghuni daerah Jawa Timur ini adalah Suku Jawa, Suku Madura, Suku Tengger, Suku Osing, Tionghoa. Cukup beragam bukan?

O ya, untuk penganut agamanya di Jawa Timur cukup beragam, lo. Agama Islam 90%, Protestan 6%, Katolik 2%, Buddha 0,4%, Hindu 1%, Konghucu 0.6%. Begitu juga dengan bahasa yang digunakannya, ada Bahasa Jawa, Bahasa Madura, Bahasa Osing, Bahasa Indonesia.

Teks: Ervina, Foto: wikimedia.org, jatimprov.go.id

 

Related Article