Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon

Kidnesia.com - Taman Nasional Ujung Kulon terletak di semenanjung ujung barat Pulau Jawa. Secara administrasi, arealnya mencakup Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Lima Ekosistem

Taman Nasional Ujung Kulon memiliki beberapa tipe ekosistem, yaitu hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, hutan hujan tropika dataran rendah, dan padang rumput.

Kelima jenis ekosistem ini memberikan sumbangan besar terhadap keanekaragaman hayati Taman Nasional Ujung Kulon. Selain itu, tipe-tipe ekosistem tersebut memiliki hubungan yang saling ketergantungan dan membentuk dinamika proses ekologi yang kompleks di taman nasional itu.

Satwa Langka

Beberapa satwa langka yang tinggal di lokasi ini, yakni badak bercula satu, banteng, owa jawa (primata), kancil, rusa, lutung, beragam jenis burung, dan penyu.

 

gunung-honje
Pantai di Ujung Kulon dengan latar perbukitan Honje.
Lima Wisata

Di Ujung Kulon, pengunjung dapat berwisata ke beberapa obyek wisata.  Ada pun kelima tempat wisata itu adalah Pulau Panaitan, Pulau Handeleum, Pulau Peucang, Semenanjung Ujung Kulon, dan Gunung Honje. Dijamin kamu akan puas menikmati keindahan alam objek-objek wisata tersebut.

Untuk sampai ke taman nasional ini, kita bisa melewati jalur darat dan jalur laut. Untuk jalur darat dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum, bus Jurusan Jakarta/Kalideres-Labuan atau Jakarta/Kp. Rambutan-Serang-Labuan. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum minibus/elf jurusan Labuan-Sumur-Tamanjaya.

Apabila melalui jalur laut dapat dilakukan dengan menggunakan kapal sewaan yang biasa disewakan di Labuan/Carita, Sumur, maupun Tamanjaya.

Ada pun tarif masuk taman nasional ini adalah Rp5.000 - Rp7.500. Cukup murah kan? Ayo segera kunjungi Taman Nasional Ujung Kulon!

Teks: Desy, Sumber foto: dephut.go.id, ujungkulon.org

Author

kidnesia

Tags

Related Article