Provinsi Banten

Kidnesia.com - Secara geografis, wilayah Provinsi Banten  sangat strategis. Provinsi ini berada di ujung paling barat Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan wilayah Sumatera.

Letaknya yang strategis menyebabkan Provinsi  Banten  dijadikan sebagai penghubung utama jalur perdagangan Sumatera – Jawa bahkan sebagai bagian dari sirkulasi perdagangan Asia dan Internasional serta sebagai lokasi aglomerasi perekonomian dan permukiman yang potensial.

Pantai Ciputih
Indahnya panorama Pantai Ciputih di Desa Kertamukti, Kecamatan Sumur, Kabupaten Padeglang Banten

Batas wilayah sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah Barat dengan Selat Sunda, dan bagian Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, sehingga wilayah ini mempunyai sumber daya laut yang potensial.

Daerah Banten  resmi menjadi sebuah provinsi sejak 4 Oktober 2000. Provinsi Banten memiliki luas wilayah 9.662,92 km2 dengan populasi penduduk mencapai 11.452.491 jiwa berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik Provinsi Banten. Mayoritas penduduknya beragama Islam dengan mata pencaharian dari sektor pertanian, perdagangan, industri, dan jasa. Sebagian besar penduduknya masih tinggal di pedesaaan dalam bentuk keluarga besar.

Lambang Provinsi Banten
Lambang Provinsi Banten. Gambar: wikipedia.org

Lambang daerah Provinsi Banten berbentuk perisai dengan warna dasar hijau. Di dalamnya terdapat gambar unsur-unsur lambang dan tulisan “BANTEN ”, serta didesain pita berwarna kuning dengan tulisan “IMAN TAQWA ”. 

Seperti yang dilansir dari bantenculturetourism.com , unit pemerintahan Provinsi Banten  dibagi atas empat kabupaten dan empat kota. Empat kabupaten tersebut, antara lain Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Tangerang. Sementara keempat kotanya, antara lain Kota Tangerang, Kota Cilegon, Kota Serang, dan Kota Tangerang Selatan.

Masing-masing wilayah memiliki karakteristik sumber daya pariwisata budaya, alam, buatan, dan kehidupan masyarakat tradisional (living culture ) yang berkembang sebagai tujuan wisata berskala nasional bahkan internasional. Tempat-tempat wisata itu seperti Pesona Pantai Anyer, Carita dan Tanjung Lesung, wisata bahari Pulau Umang, Taman Nasional Ujung Kulon, wisata Religi Banten Lama, dan keunikan Masyarakat Tradisional Baduy. 

Serang adalah ibukota dari Provinsi Banten , terletak 8 derajat dari selatan garis khatulistiwa. Adapun provinsi ini memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Bagian selatan Banten adalah daerah bukit yang landai, sedangkan bagian utaranya daerah pantai.

Masyarakat Banten mempunyai akar agama Islam yang kuat dan budaya aslinya masih eksis dalam kehidupan mereka. Akar budaya yang masih melekat inilah yang menjadikan Banten sebagai tempat wisata budaya, alam, juga ziarah yang selalu ramai dikunjungi.

Teks: Indira/Desy, Foto: travel.kompas.com/ Dwi Bayu Radius, wikipedia.org, Sumber: bantenculturetourism.com dan bantenprov.go.id