Zalipie, Desa Cantik dan Fotogenik

Zalipie Desa Cantik dan Fotogenik

Kidnesia.com - Kalau suatu saat teman-teman pergi ke Polandia, sempatkan untuk jalan-jalan ke Desa Zalipie. He he he... bukan Slipi, ya... Desa ini sangat cantik, lo.

Bobo sebut desa ini sangat cantik karena rumah-rumah di desa ini dihiasi dengan gambar-gambar bunga yang sangat menarik. Tidak hanya dinding rumah, dinding sumur, kandang ayam, rumah anjing, dan pagar rumah, juga penuh dengan hiasan bunga-bunga.  

zalipie

Tradisi menghiasi rumah dengan gambar-gambar bunga ini sudah dilakukan para ibu di desa ini sejak akhir abad ke-19. Motif bunga-bunga dan warna-warni ceria membuat desa ini menjadi salah satu tempat yang paling fotogenik (indah untuk difoto) di dunia.

zalipie

Menurut cerita, tradisi menghiasi dinding rumah dengan gambar-gambar bunga ini dilakukan oleh para ibu, awalnya untuk menutupi dinding yang kusam karena terkena jelaga.

zalipie

Kenapa bisa terkena jelaga? Dulu, sebelum ada kompor, orang memasak pada tungku api dengan bahan bakar kayu. Tungku ini akan mengeluarkan asap dan menyisakan jelaga warna hitam. Jelaga sisa-sisa pembakaran tersebut membuat dinding menjadi kusam.

zalipie

Untuk menyambut Natal dan Tahun Baru, penduduk desa membersihkan dan mengecat dinding rumah agar tampil lebih cerah. Karena kaum laki-laki sibuk bekerja, pekerjaan membersihkan rumah ini dilakukan oleh para ibu.

ziarah kubur

Ternyata para ibu tidak sekadar mengecat dinding rumah dengan warna-warna polos. Mereka pun mengecat dan menghiasi rumah dengan gambar-gambar motif bunga.  Tradisi menghias rumah dengan gambar motif bunga ini diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

zalipie

Salah seorang wanita yang benar-benar tertarik dengan tradisi menghias rumah dengan gambar-gambar bunga adalah Felisja Curylowa. Ibu yang lahir pada 1904 ini menghiasi semua  yang ada di rumahnya dengan motif-motif bunga. Mulai dari dinding, tempat tidur, perabotan, sampai pernik-pernik kecil. Setelah Bu Felisja meninggal pada 1974, rumahnya yang indah itu pun dijadikan sebuah museum.

zalipie

Jalan-jalan di Desa Zalipie membuat kita lebih akrab dengan budaya seni. Desa Zalipie bagaikan sebuah lukisan besar, penuh warna, dan bernilai sejarah.  

Desa Zalipie terletak 35 kilometer dari kota Tarnowska. Kalau kamu ke sini, waktu paling tepat adalah pada musim semi. Sebab setiap musim semi, penduduk di desa ini menyelenggarakan festival dan kompetisi rumah menawan yang menjadi kesukaan para turis. Oya, apakah di daerahmu juga ada desa unik separti ini?

Sumber foto: kuriositas.com  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Author

kidnesia

Tags

Related Article