Yuk, Mengenal 10 Teknik Fotografi (bag. 2)

Contoh foto high key bidikan Nesi

Kidnesia.com – Di artikel 10 teknik fotografi (bag. 1), Nesi sudah membahas dua teknik foto. Nah, di artikel ini, Nesi akan membahas dua teknik foto juga, yakni:

Teknik ketiga adalah…

High Key

Ini adalah teknik foto yang banyak menggunakan cahaya. Tujuan dari teknik ini adalah untuk memperjelas suatu hal dalam objek yang akan difoto. Misalnya, jika objek high key itu adalah orang, maka objek yang diperjelas biasanya bagian wajah saja, sedangkan bagian badannya akan tampak sama dengan background.

O ya, orang yang menggunakan teknik ini biasanya banyak memakai warna putih, entah pada objeknya atau pada backgroundnya. Jadi, jika kamu menemukan gambar dengan warna putih yang dominan dan cahaya yang banyak, bisa jadi foto itu diambil dengan teknik high key.

Teknik keempat adalah…

Contoh foto low key bidikan Nesi
Contoh foto low key bidikan Nesi

Low Key

Ini adalah teknik yang cukup berlawanan dengan teknik High Key. Jadi, pada teknik low key ini cahaya yang digunakan biasanya sedikit. Akan tetapi, tujuan dari teknik low key ini sama dengan teknik high key, yakni untuk memperjelas suatu hal dalam objek yang akan difoto.

Jika dalam teknik high key warna putih sering mendominasi, maka pada teknik low key ini, warna hitam lah yang banyak mendominasi. O ya, teknik low key ini biasanya digunakan untuk menambah sisi human interest pada objek foto. Jadi, jangan heran, kalau banyak foto bertema sedih yang diambil menggunakan teknik low key ini.

Di artikel 10 teknik fotografi berikutnya, Nesi akan membahas teknik Panning dan Freezing. Kira-kira… teknik itu akan menghasilkan gambar seperti apa, ya?

Teks & Foto: Willa

 

Author

willa widiana

Tags

Related Article