Yuk, Mengenal 10 Teknik Fotografi (bag. 1)

Contoh foto hyperfocaal focus bidikan Nesi.

Kidnesia.com – Foto merupakan salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mengasah kreativitas. Selain itu, foto juga bisa dijadikan alat untuk mengabadikan momen penting, seperti liburan.  Agar liburanmu semakin berkesan, maka cobalah untuk mengabadikan setiap momennya dengan 10 teknik fotografi ini.

O ya, di artikel mengenal 10 teknik fotografi ini, Nesi hanya akan menyebutkan beberapa teknik fotografi yang pernah Nesi pelajari bersama salah seorang Fotografer dan juga dosen di salah satu kampus negeri di Kota Depok.

Daripada kamu penasaran, kita langsung saja, yuk, mengenal 10 teknik fotografi itu! O ya, sebelumnya, Nesi akan memberitahu, kalau pembahasan 10 teknik fotografi ini akan Nesi bagi menjadi 5 artikel. Jadi, satu artikel akan membahasa dua teknik.

Teknik pertama adalah…

Hyperfocal Focus

Maksud dari Hyperfocal Focus ini adalah mendapatkan foto dengan fokus yang banyak, sehingga gambar akan terlihat jelas, mulai dari objek yang paling depan (foreground) hingga objek yang paling belakang (background). Orang-orang biasa menyebutnya dengan sebutan “tajam dari ujung ke ujung”.

Teknik ini biasanya digunakan untuk mengambil gambar pemadangan, sehingga semua keindahan yang ada di tempat itu bisa terabadikan dengan jelas dalam sebuah foto.

Teknik kedua adalah…

Contoh foto selectif focus hasil bidikan, Nesi.
Contoh foto selectif focus hasil bidikan, Nesi.

Selective Focus

Pernah melihat foto dengan gambar yang jelas dan juga blur dalam satu tempat? Nah, itulah contoh foto yang diambil menggunakan teknik Selective Focus.

Teknik yang satu ini agak berlawanan dengan teknik Hyperfocal Focus. Tujuan dari teknik ini adalah memperjelas satu objek atau benda dan memburamkan (blur) benda lain yang ada di sekitarnya. Untuk benda yang ada diperjelas atau diblurkan itu bebes, jadi bisa benda yang ada di bagian depan atau benda di bagian belakang.

Teknik ini biasanya digunakan untuk menonjolkan suatu kejadian atau suatu benda diantara yang lainnya. jadi, ketika melihat foto itu, mata kita akan langsung fokus pada objek yang difokuskan (dijelaskan gambarnya) itu.

Di artikel 10 teknik fotografi berikutnya, Nesi akan membahas teknik High Key dan Low Key. Kira-kira… teknik itu akan menghasilkan gambar seperti apa, ya?

Teks & Foto: Willa

 

Author

willa widiana

Tags

Related Article