Washi, Kertas Jepang Buatan Tangan Berkualitas Tinggi

Washi Kertas Jepang Buatan Tangan Berkualitas Tinggi

Kidnesia.com - Selain kertas origami, Jepang juga memiliki washi, kertas kualitas tinggi yang berharga tinggi karya tangan para ahli. 

 Washi adalah kertas tradisional buatan tangan khas Jepang. "Wa" berarti Jepang dan "shi" berarti kertas.

 Meskipun kertas ini terkenal dari Jepang, berabad-abad yang lalu awal mula pembuat kertas ini adalah bangsa Cina. Kemudian, para biksu Buddha membawanya ke Jepang dengan tujuan membuat washi untuk menulis ayat suci.

paperistas_washi_chiyogami_5275_a4_70gsm_10sht_main__06583.1370351820.1280.1280

Kertas washi populer sebagai kertas penuh warna; Sumber Foto: tofugu.com

Seiring kemajuan zaman, keterampilan orang-orang Jepang membuat washi terus berkembang, mencakup keberagaman warna, tekstur, dan desain.

Material Kayu Jepang

Bahan dasar pembuatan washi berasal dari tanaman asli Jepang. Lapisan dalam kulit tanaman kozo, mitsumata dan gampi, adalah material utama pembuatan kertas washi.

washiM4_2

Kertas washi yang belum diwarnai; Sumber Foto: uguisu.ocnk.net

Jenis kozo, dianggap memiliki "elemen jantan", adalah serat yang paling banyak digunakan dan jenis yang paling kuat. Sebaliknya, mitsumata adalah "elemen feminin" yang anggun, halus, lembut dan rendah hati. Jenis mitsumata memiliki harga yang lebih mahal karena butuh waktu lebih lama untuk tumbuh. Nah, jenis gampi dianggap sebagai jenis terbaik bahkan dipandang terhormat. Memiliki tingkat keawetan yang tinggi dan kemilau alami.

Cara Pembuatan

Batang semak dipangkas, lalu direndam, kemudian kulitnya dikupas. Bagian kulit yang sulit dipotong dipisahkan kemudian dibersihkan. Setelah ditumbuk kemudian direntangkan.
 
Serat yang sudah ditumbuk-tumbuk kemudian ditambahkan tororo-aoi (fermentasi akar kembang sepatu) sebagai getah perekat. Kemudian terbentuklah pasta atau bubur kertas.

il_570xN.430236177_nd8d

Sumi-e and Shodo, yaitu seni kaligrafi dan tulisan memakai kuas dengan tinta khusus (sumi), menggunakan kertas washi untuk karya terbaiknya; Sumber Foto: InkPotArts on www.etsy.com

  Bubur kertas dibentang merata pada layar anyaman bambu agar terbentuk lembaran kertas. Lembaran yang masih basah kemudian dijemur di bawah sinar matahari atau di dalam ruang pengering. 

Kualitas Tinggi

Kualitas kertas washi adalah daya serap tinggi, fleksibel, dan kuat, serta memiliki tekstur yang unik. Tak heran jika harga kertas washi terbilang mahal.

Washi digunakan untuk membuat berbagai karya seni, seperti kanvas lukisan, kolase kertas, hingga layar untuk lampu hias.

Namun, semakin canggihnya teknologi mesin, telah mengikis kualitas orisinal produksi kertas washi melalui proses tradisional. Meskipun demikian, washi buatan tangan memiliki keunikan yang tak sebanding dengan buatan mesin.

Teks: Cesita

Sumber: www.japanesepaperplace.com

Sumber Foto Thumbnail:www.wakasaya.net

Author

kidnesia

Tags

Related Article