Tanaman Menteng

Tanaman Menteng

Kidnesia.com - Teman-teman pernah dengar nama Menteng di Jakarta? Ternyata, Menteng bukan hanya nama tempat, lo. Ada juga tanaman yang namanya menteng. Seperti apa ya?

Nama latinnya Baccaurea racemosa. Nama lainnya adalah kepundung. Tanaman ini tumbuhnya di Semenanjung Malaysia, Thailand, Sumatera, Kepulauan Sunda Kecil, Jawa, Brunei, Sabah, Kalimantan, Maluku, dan Sulawesi. 

Tanaman ini jenisnya pohon. Tingginya dari 15-25 meter. Diameternya 25-70 sentimeter. Kulitnya kasar dan warnanya putih. Ranting pohonnya dipenuhi daun-daun berbentuk lonjong, lo. Daun menteng ini punya tepi gerigi dan ujung lancip. 

Buah Musiman

Buahnya kalau dilihat mirip duku dan kelengkeng, lo. Buahnya bisa dimakan. Ada dua warna isi buahnya, putih dan merah. Rasanya ada yang asam, ada juga yang manis. Kulit buahnya berwarna hijau. Kalau sudah matang, kulitnya berubah jadi kekuningan. Tanaman ini termasuk tanaman musiman. Artinya, hanya berbuah di waktu tertentu. Bunga menteng mekar di bulan Oktober hingga Desember. Selanjutnya, bunga-bunga itu akan menjadi buah di bulan Januari hingga Maret. 

Bermanfaat

Selain dimakan langsung, buah menteng juga bisa dibuat sirup, asinan, atau campuran minuman yang lain. Tak hanya buahnya, kayu menteng juga bermanfaat. Kayunya bisa dipakai untuk membangun rumah, membuat perahu, dan membuat perabotan rumah. Konon, kulit dan daunnya juga bisa digunakan sebagai obat. Sekarang, tanaman ini jarang ditemukan. Yuk, tanam pohon ini teman-teman supaya menteng tidak punah.  

Teks: Shela Kusumaningtyas  Sumber foto: ragunanzoo.jakarta.go.id

Author

kidnesia

Tags

Related Article