Sungai Biru

Sungai Biru

Kidnesia.com - Apa warna sungai yang biasa kamu lihat? Umumnya, sungai berwarna coklat atau jernih tak berwarna. Tapi, di Kosta Rika ada sungai yang warnanya biru, lo. Wah seperti apa ya sungainya?

sungai biru2
Airnya biru.
 

Titik Pertemuan

Namanya sungai Rio Celeste. Sungai ini ada di dalam Taman Nasional Kosta Rika. Air sungainya berasal dari dua sungai kecil yang bertemu yaitu Sour Creek dan Good View. Di tempat bertemunya dua aliran sungai itu, keluarlah warna biru yang menakjubkan, lo.

Masyarakat di sana menyebutnya El Tenidor. Artinya tukang celup. Konon, warna biru di sungai ini karena adanya kandungan tembaga dan belerang di airnya. Ada juga yang mengatakan bahwa karena letaknya dekat dengan Gunung Api Tenorio.

Penyebabnya

Peneliti menemukan penyebab warna biru di sungai ini. Katanya, karena air yang dibawa Sungai Good View mengandung banyak mineral seperti alumunium, silikon, dan oksigen. Padahal, Sungai Good View sendiri tidak berwarna biru, lo. Air sungai Good View tercampur dengan air sungai Sour Creek yang sangat asam. Jadinya air sungai Rio Celester berwarna biru saat terkena cahaya matahari.

Wah, bisa biru begitu ya seperti warna langit. Kapan ya kita bisa ke sana?

Teks: Shela Kusumaningtyas   Sumber foto: amusingplanet.com

Author

kidnesia

Tags

Related Article