Perpustakaan Codrington di Inggris

Perpustakaan Codrington di Inggris

Kidnesia.com - Perpustakaan Codrington adalah bagian dari Universitas Oxford di Inggris. Perpustakaan yang didirikan pada tahun 1438 ini didirikan oleh Raja Henry VI dan Uskup Agung Canterbury di 1438.

Sumbangan Christopher Codrington

Perpustakaan ini diberi nama berdasarkan Christopher Codrington, orang yang memberikan sumbangan besar untuk perpustakaan ini. Selain memberikan dana sebesar £10.000, Pak Christopher juga memberikan buku pribadinya sebanyak 12.000 lebih. Sumbangan yang diberikan tahun itu adalah sumbangan yang sangat banyak dan bernilai tinggi.

Perpustakaan Codrington di Inggris. Sumber foto: flickr.com.

Perpustakaan Codrington di Inggris. Sumber foto: flickr.com.

Dengan uang sumbangan dari Pak Christopher Codrington, dibuatlah gedung perpustakaan baru yang dirancang oleh Nicholas Hawksmoor. Gedung baru ini diselesaikan pada tahun 1752. Perpustakaan besar ini memiliki lebih dari 185.000 buku. Buku sebanyak itu adalah harta yang sangat berharga. Di abad 18, buku yang dicetak belum sebanyak sekarang. Koleksi buku yang dimiliki oleh Perpustakaan Codrington adalah sepertiga jumlah buku cetak yang ada di dunia saat itu. Wow!

Buku Langka

Koleksi perpustakaan ini kebanyakan adalah buku-buku tentang hukum dan sejarah. Buku-buku itu ada yang berusia ratusan tahun dan ditulis dengan tulisan tangan. Buku-buku langka itu hanya boleh dibaca di tempat dan tidak boleh dibawa ke luar perpustakaan. Selain buku-buku langka, tentu saja ada juga buku-buku terbaru di perpustakaan yang indah ini.

Teks: Sylvana. Sumber: mnn.com

Author

kidnesia

Tags

Related Article