Payung Geulis si Payung Cantik

Payung Geulis si Payung Cantik

Kidnesia.com - Payung geulis ini asalnya dari Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Payung geulis ini dibuat tanpa bantuan mesin, lo. Yang membuatnya pun tidak sembarang orang. Pembuatan payung geulis ini membutuhkan ketelitian dan keterampilan tingkat tinggi. Mulai dari pembuatan kerangka payung, lapisan payung, sampai tahap melukis payung.

Bahan yang digunakan untuk membuat kerangkanya adalah bambu. Bambu-bambu itu dipotong-potong dan diikat dengan menggunakan benang kasur. Sesudah itu, kerangka bambu dilapisi dengan kertas semen. Selain kertas semen, ada juga payung yang terbuat dari kain, seperti belacu, satin, brokat, atau parasit.  

Bahan payung itu bisa disesuaikan dengan permintaan pemesan.  Sesudah kain atau kertas itu dipasang di atas kerangka payung, tahap selanjutnya adalah melukis payung. Oiya, untuk payung yang terbuat dari kertas semen, biasanya permukaan akan dicat dulu dengan aneka warna cat dasar. Ada yang merah, kuning, biru, putih, ungu, dan banyak lagi. Sesudah cat dasar kering, barulah payung dilukis.

pelukis payung

Mereka sudah melukis payung bertahun-tahun

Lukisan khas payung geulis adalah bunga. Ssst, tak banyak orang yang bisa melukis di payung geulis ini, lo. Bunga-bunga ini dilukis langsung di atas payung, dengan menggunakan cat air. Oya, dari perajin payung geulis yang masih ada saat ini, kebanyakan pelukisnya adalah orang-orang tua.

Menurut mereka, jarang ada anak-anak muda yang tertarik belajar membuat  payung geulis ini. Itulah sebabnya, tak banyak lagi pengusaha payung geulis di Tasikmalaya. Sayang sekali, ya. Semoga saja, kerajinan payung geulis ini tidak punah. Oiya, beberapa perajin payung geulis ada di daerah Kp. Panyingkihan, Indihiang, Tasikmalaya.  (Yanti*) Foto: Ricky Martin 

Author

kidnesia

Tags

Related Article