Parkir Sepeda Bawah Tanah di Jepang

Parkir Sepeda Bawah Tanah di Jepang

Kidnesia.com - Wah, Syuut... Sepedanya hilang ditelan ke dalam tanah!

   Sebab banyaknya jumlah pesepeda di Jepang, masalah lahan parkir sepeda menjadi perhatian pemerintah Jepang. Masalahnya adalah parkir sepeda dapat mempersempit ruang, menganggu akses jalan serta mengganggu pemandangan.  

Eco Cycle

   Jepang pun menciptakan tempat parkir sepeda di dalam tanah. Namanya Eco Cycle, yang terletak di lokasi strategis Kota Tokyo. Menyerupai "lemari" sepeda di dalam tanah. Kedalamannya mencapai 11 meter ke bawah dan memiliki daya tampung sebanyak 204 sepeda.   

   Semua proses menyimpan sepeda oleh Eco Cycle meggunakan sistem komputer. Kita tinggal meletakkan sepeda di pintu masuk, lalu menempelkan kartu anggota pada scanner. Kemudian, secara otomatis mesin mengangkat dan menyimpan sepeda di tempat yang tersedia. Tidak butuh waktu lama, hanya dalam 13 detik, kegiatan memarkir sepeda pun selesai. 

   Selain mempermudah dan mempercepat proses memarkir sepeda, keamanan sepeda kita juga terjamin, lo. Mesin memiliki sensor kemanan yang disesuaikan dengan kartu anggota.

Anti Gempa

   Tidak perlu khawatir sepeda-sepeda di dalam tanah akan jatuh lalu menumpuk. Eco Cycle didesain dengan sistem anti-seismic, yaitu sistem bangunan yang tahan gempa.

   Biaya untuk parkir sepeda di Eco Cycle ini adalah sekitar 300.000 rupiah sebulan.

Eco Cycle-3

Sumber Foto: independent.co.uk

Teks: Cesita; Sumber Referensi: giken.com; Sumber Foto Thumbnail: dailymail.co.uk

Author

kidnesia

Tags

Related Article