Monyet Laba Laba

Monyet Laba Laba

Kidnesia.com - Monyet laba-laba (Ateles fusciceps) adalah monyet yang memiliki kaki, tangan, dan ekor sangat panjang. Sehingga memungkin mereka untuk melompat dengan mudah dari satu dahan ke dahan lain. Monyet ini banyak menghabiskan waktunya di atas pohon. Mereka hidup di hutan hujan tropis di Amerika bagian selatan.

Selain panjang, otot ekor monyet laba-laba sangat kuat.  Dengan ekor ini, mereka sanggup mengangkat beban yang berat. Mungkin itu sebabnya, daripada menggunakan tangan, monyet ini lebih suka menggunakan ekornya untuk mengambil makanan, minum, dan bergelantungan. 

Monyet berbulu hitam ini hidup secara berkelompok. Dalam satu kelompok bisa terdiri dari 20 - 40 ekor. Namum, waktu tidur, mereka dibagi lagi dalam kelompok kecil. Masing-masing kelompok tidur ini terdiri dari 5 - 6 ekor.

Seluruh anggota kelompok akan berkumpul saat makan. Makanan mereka adalah kacang-kacangan, buah-buahan, dedaunan, telur burung, dan laba-laba. Menurut nationalgeographic, sambil makan di atas dahan, mereka saling berkomunikasi. Bentuk komunikasi mereka berupa pekikan dan suara-suara lainnya. Huih, suara mereka terdengar riuh sekali.

Umumnya monyet laba-laba betina melahirkan satu ekor anak. Anak itu dirawatnya selama sekitar 3 bulan. Bayi itu disusui dan digendong di punggungnya. Setelah itu, bayi monyet laba-laba akan belajar mencari makan sendiri bersama kelompoknya. Meskipun begitu sang ibu tetap mengawasinya sampai si anak berumur sekitar 1 tahun.

Foto: Alois Staudacher

Author

kidnesia

Tags

Related Article