Jembatan Kertas yang Bisa Dilewati Mobil

Jembatan Kertas yang Bisa Dilewati Mobil

Kidnesia.com - Apakah kamu pernah membuat jembatan dari kertas origami? Mungkin kamu berkhayal kalau jembatan itu dapat dilewati mobil. Nah, jembatan kertas yang ini benar-benar dapat dilalui mobil, lo.

Jembatan kertas ini berada di Suzhou, Tiongkok. Bapak Steve Messam merancangnya untuk peringatan ulang tahun ke-45 Land Rover. Jembatan yang panjangnya 5 meter ini tersusun dari 54.390 lembar kertas yang disediakan oleh produsen Inggris, James Cropper PLC.

Bentuk jembatan yang melengkung sudah digunakan selama ribuan tahun. Tentu saja dengan menggunakan bahan bangunan yang kuat. Perlu waktu yang lama untuk membuat perhitungan dan proses pembangunannya. Pak Steve membuat jembatan ini dalam waktu 3 hari. Ia merangkai kertas ini dengan teknik rangkaian origami, yaitu menggunakan kertas yang dilipat. Jembatan kertas ini dibangun tanpa lem, baut, ataupun paku. Wow!

Pada saat pembuatannya, rangka kayu digunakan untuk membentuk jembatan ini. Pada rangka inilah kertas-kertas disusun. Rangka ini dilepas setelah jembatan kertas terbentuk. Maka jadilah jembatan berbahan kertas ini. Sebelumnya, pernah ada jembatan kertas yang dapat dilalui oleh orang. Namun belum pernah ada jembatan kertas yang dapat dilalui oleh mobil. Apakah kamu berani naik mobil yang berjalan melewati jembatan ini?

Teks: Sylvana. Sumber: dailymail.co.uk.

--------------------------------------------------------------

Author

Sylvana Toemon

Kak Ana suka membaca, membuat sesuatu untuk dibaca, jalan-jalan, dan jualan-jualan. Pengagum dedaunan dan seni bangunan ini bercita-cita ingin keliling dunia. Suara altonya menjadi bagian dari paduan suara yang selalu riang gembira.

Tags

Related Article