Jangan Takut dengan AC Murah

Sumberfoto: beanandbee.com

Kidnesia.com (Webtorial) – Bagus tak harus mahal. Dengan teknologi terkini, barang berkualitas bisa didapatkan dengan harga terjangkau, seperti halnya AC  murah zaman sekarang.

AC Menjadi Kebutuhan

Polusi udara, gedung perkantoran yang semakin menjamur, perumahan yang semakin banyak, dan berkurangnya kawasan hijau membuat udara di sekitar kita semakin gerah dan tidak nyaman.

Coba kamu bandingkan antara kelas yang dipasangi AC (Air Conditioner) dan tidak ber-AC. Semangat belajar dan prestasi murid-murid yang sekolah di kelas yang ber-AC lebih tinggi karena mereka bisa belajar dengan nyaman dan bisa konsentrasi.

Sebaliknya murid yang sekolah di kelas yang tidak ber-AC prestasinya cenderung biasa-biasa saja karena proses belajar di kelas sering terganggu dengan udara di kelas yang gerah. Akibatnya murid banyak yang kurang konsentrasi, bahkan mengantuk.

Di rumah, murid yang kamarnya ber-AC juga lebih konsentrasi belajar dan nyaman beristirahat, sehingga esoknya mereka bisa sekolah dengan tubuh yang lebih segar.

Di kota-kota besar, pendingin ruangan atau AC sudah menjadi kebutuhan, baik di sekolah, kantor, maupun di rumah. 

Tidur di ruangan ber-AC akan terasa lebih nyaman. Ilustrasi: Ode / Bobo
Tidur di ruangan ber-AC akan terasa lebih nyaman. Ilustrasi: Ode / Bobo

Berbagai Jenis

Saat hendak membeli AC di sebuah toko atau gerai elektronik, kita sering bingung melihat banyaknya jenis AC dan ukuran dari berbagai merek.

Tahukah kamu, mengapa ada berbagai jenis AC dan ukuran? Hal itu karena setiap produsen AC ingin memberikan AC terbaik kepada konsumen berdasarkan hasil inovasi teknologi terbarunya.

Misalnya dalam hal penggunaan zat pendingin (refrigerant), AC sekarang umumnya menggunakan zat pendingin ramah lingkungan yang tidak merusak lapisan ozon. Selain itu, teknologi yang digunakan juga semakin sempurna, sehingga AC akan lebih hemat energi, lebih sehat, dan lebih ramah lingkungan.

Tips Memilih AC Murah

AC murah adalah AC yang memerlukan biaya operasional murah. Biaya operasional di sini adalah jumlah watt listrik yang digunakan. AC yang memiliki fitur inverter bisa menjadi alternative dalam memilih AC.

Kelebihan AC ini adalah hanya perlu waktu singkat untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan, sehingga AC dengan teknologi inverter lebih hemat listrik 30 persen dibanding AC biasa.

AC dengan teknologi plasmacluster juga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih AC. Dengan teknologi plasmacluster, AC akan menghasilkan ion-ion yang mampu memberantas bakteri dan jamur.

Selain teknologi terbaru yang ditawarkan, sebaiknya kita memilih ukuran AC sesuai dengan ukuran ruangan. AC ½ PK bisa mendinginkan ruangan 6-10 meter persegi. AC  ¾ PK untuk ruang 9-14 meter persegi. AC 1 PK untuk ruang seluas 11-18 meter persegi. AC 1,5 PK untuk ruang 15-24 M2.

Untuk mendapatkan AC murah dan bagus, kini bukan lagi berdasarkan merek. Banyak AC murah dan bagus ternyata telah dibuktikan oleh AC merek-merek baru, karena faktanya pasar AC dunia kini sudah didominasi merek-merek China dan Korea.

Ilustrasi: Ode/ Bobo, Sumberfoto: beanandbee.com

Author

Sigit Wahyu

Tags