Inilah Empat Art Space yang Harus Kamu Kunjungi Saat Berada di Bandung

Sumber : ardiatami.com

Kidnesia.com (webtorial) - Tidak salah, jika Bandung kerap mendapatkan julukan “Kota Kreatif”, bahkan kerap menjadi “kiblat” seni di Indonesia.

Bukan tanpa sebab, saat mengunjungi Kota Bandung, visual kamu akan disuguhkan beragam karya seni,  mulai dari mural di jalan, aneka taman yang unik dan cantik, serta masih banyak lagi. Belum lagi, perihal lanskap kotanya yang indah, pun dengan udaranya yang sejuk.

Saking kreatifnya, Bandung bahkan menyediakan satu tempat khusus untuk mewadahi “hasrat” seni masyarakatnya. Adapun tempat tersebut, populer dengan sebutan art space.

Sesuai namanya, art space sendiri merupakan sebuah ruang (kerap kali berbentuk tempat) yang diciptakan bagi para seniman untuk memamerkan karya-karyanya.

Tentu saja, bukan hanya ruang publik. Kini, art space di Kota Bandung juga bisa kamu temui di beragam kafe maupun restoran, lo. Hitung-hitung mencicipi kemewahan 3 in 1, sembari menikmati hidangan, visual kamu juga dimanjakan dengan pameran seni bahkan nuansa yang berbeda dengan kafe lain.

Lantas, apa saja, sih art space yang bisa kamu kunjungi saat berada di Bandung? Berikut adalah empat rekomendasinya!

1. Lawang Wangi Creative Space

Nah, Lawang Wangi Creative Space bisa jadi satu rekomendasi wisata art space yang bisa kamu coba. Berlokasi di Jalan Dago Giri 99A, Bandung, setidaknya ada banyak “atraksi” wisata yang bisa kamu nikmati di sini. Mulai dari pemandangan yang langsung menuju hamparan gunung dan lembah, serta wisata edukasi seni yang unik dan futuristik. Tentu saja, bagi kamu pecinta fotografi dan swafoto (selfie) tempat ini bisa jadi pilihan yang “memuaskan”!

Oh ya, Lawang Wangi Creative Space libur pada hari Senin, ya. Sementara hari lainnya, kafe ini buka pada hari Selasa hingga Minggu mulai pukul sebelas pagi hingga sepuluh malam.

2. Selasar Sunaryo Art Space

Sesuai namanya, tempat ini memang didirikan oleh Sunaryo, seorang seniman kontemporer Bandung, juga mantan dosen di Institut Teknologi Bandung (ITB). Nah, selain ruangan untuk pameran seni, tempat ini juga memiliki ruang terbuka hijau yang sejuk, lo. Oh ya, bagi yang berminat, Selasar Sunaryo Art Space bisa langsung kamu kunjungi di Bukit Pakar Timur No. 100.

3. Salian Art

Bergeser sedikit dari Kota Bandung, ada satu art space yang bisa kamu datangi, lo. Lokasi persisnya, ada di Jalan Sersan Bajuri No. 86, Lembang. Nah, lantaran berada di Lembang, tidak heran bila nuansa sejuk dan segar jadi salah satu keunggulan art space yang satu ini. Namun, bukan hanya itu saja, lo. Adapun selain art space sebagai tempat para seniman mengekspresikan diri dan menuangkan karyanya, Salian Art juga memiliki satu spot ngopi yang seru. Penasaran?

4.  NuArt Sculpture Park

Sebenarnya, NuArt merupakan sebuah museum galeri yang “mewadahi” karya seni patung, buatan Nyoman Nuarta. Ia sendiri seorang seniman lulusan Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB). Nah, dengan luas sekitar tiga hektare, setidaknya ada banyak koleksi yang bisa kamu temukan di sini. Ada pun bukan hanya museum saja, lo. Di sana, terdapat pula kafe, butik, workshop, dan jika beruntung, kamu juga akan menghadiri beberapa event seni yang diselenggarakan di sana.

Bagaimanapun, pesona Kota Bandung memang seakan tidak ada habisnya, ya. Nah, jika kamu berminat untuk “singgah” lebih lama di sana, terdapat pula banyak hotel yang bisa kamu datangi. Kalau ingin hotel yang murah dan fasilitasnya oke, kamu bisa pesan di Airy Rooms.

Airy Rooms

Jangan khawatir perihal fasilitas, Airy Rooms juga memberikan tujuh jaminan fasilitas, mulai dari kamar ber-AC, TV layar datar, shower air hangat, wifi,  air minum gratis, tempat tidur bersih dan empuk, serta perlengkapan mandi. Pokoknya untuk urusan akomodasi, Airy Rooms saja. Selamat berlibur di Bandung, ya.

 

Author

Sigit Wahyu

Tags

Related Article