Ini Dia, Cara Membuat Kertas

Ini Dia Cara Membuat Kertas

pabrik-kertas02
Tumpukan kayu yang siap diproses untuk membuat kertas
Kidnesia.com - Pasti teman-teman semua sudah tahu, pernah melihat, pernah mendengar, pernah memegang dan pernah memakai kertas sebagai tempat untuk menulis sesuatu, kan?

Tapi apakah teman-teman tahu dari apa kertas itu dibuat dan bagaimana cara membuat kertas tersebut? Yuk, kita cari tahu cara membuatnya.

Kayu dapat menjadi sumber kertas yang sangat baik berkat adanya molekul panjang seperti serat yang disebut selulosa. Dalam proses pembuatan kertas, benang-benang selulosa dipisahkan terlebih dahulu hingga menjadi bubur kertas. Berikut ini langkah-langkahnya:

1106113-dia-produksi-kertas--780x390
Kertas yang keluar dari mesin pencetak dalam sebuah pabrik kertas
1.  Kayu dirajang menjadi serpih sebesar kotak korek api, kemudian dimasukkan ke dalam tangki raksasa yang disebut pencerna. Di dalam alat ini kayu diberi tekanan dan panas. Beberapa jam kemudian kayu berubah menjadi bahan lunak seperti kapas. Inilah yang disebut bubur kertas atau pulp.

2.  Setelah keluar dari pencerna, bubur kertas dicampur air. Bubur dengan kadar air 90% ini kemudian dilewatkan pada mesin yang disebut kotak kepala.

3.  Kotak kepala membentangkan bubur kertas yang berair itu di atas sebuah ayakan bergerak yang disebut kawat. Sewaktu gilingan menekan bubur kertas ke kawat, sekitar 98% airnya terperas keluar.

4.  Serangkaian gilingan lain kemudian mengeluarkan hampir seluruh sisa air dari kertas yang mengering itu. Kini hanya tinggal sedikit sekali molekul air yang ada.

5.  Kertas yang baru saja terbentuk dilewatkan pada silinder tambahan yang dipanaskan dari dalam. Nah silinder ini akan mengeluarkan air lagi dari kertas yang berjalan.

6.  Serat selulosa kini telah menjadi jalinan yang saling terkait. Gelendong besar yang disebut penggulung mengumpulkan kertas menjadi gulungan raksasa. Gulungan ini kemudian dipotong menjadi gulungan-gulungan kecil atau lembaran dan dikirim ke luar dari pabrik.

Teks: Tere, Foto: dok.bobo/kompas.com/baltyra.com

__________________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Bobo 19, Terbit 14 Agustus 2014

- Buku dari Masa ke Masa

Author

Theresia Olivia Itran

Tags

Related Article