Hari Aksara Internasional

Hari Aksara Internasional

Kidnesia.com  – Aksara membuat banyak perubahan di dunia. Dengan adanya aksara, ilmu pengetahuan dapat disebarkan dan dikembangkan. Tanggal 8 September telah ditetapkan menjadi Hari Aksara Internasional pada Konferensi tingkat Menteri Negara-Negara anggota PBB pada tanggal 17 November 1965.

Peringatan Hari Aksara Internasional di Indonesia baru dilakukan sebulan setelahnya. Peringatan itu dipusatkan di Palu, Sulawesi Tengah, pada tanggal 20 Oktober 2016 yang lalu. Tema peringatan Hari Aksara Internasional tahun 2016 ini adalah reading the past, writing the future yang artinya membaca masa lalu, menulis masa depan.

Dari masa lalu yang telah dituliskan, kita dapat belajar banyak hal. Tugas kita adalah mengembangkannya dan membuatnya menjadi sejarah baru. Misalnya saja, kita telah mengetahui cara memelihara pohon yang penting bagi dunia. Tugas kita sebagai penerus bangsa adalah melanjutkan pengetahuan itu dan menuliskannya bila ada sesuatu yang baru. Pengetahuan itu kelak akan berguna bagi banyak orang.

Tidak semua teman-teman kita bisa membaca, lo. Masih ada anak-anak dan orang dewasa yang belum mengenal aksara dan belum bisa membaca. Ada yang memiliki keterbatasan sehingga tidak bisa sekolah. Ada juga yang tempat tinggalnya sangat jauh di pelosok tanah air sehingga tidak ada yang mengenalkan aksara pada mereka. Ada juga yang tidak mau belajar membaca karena belum tahu manfaat membaca.

Saat peringatan Hari Aksara Internasional di Kota Palu, ada beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu Festival Budaya Baca, Bengkel Literasi, dan seminar. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan supaya lebih banyak orang yang mengenal aksara.

Walaupun kita tidak sempat mengikuti kegiatan tersebut, kita tetap dapat merayakan hari aksara. Kita bahkan dapat merayakannya setiap hari, caranya dengan membaca, menulis, dan menghitung setiap hari. Dengan membaca, menulis, dan menghitung artinya kita telah menggunakan aksara dalam kehidupan kita.

Author

Sylvana Toemon

Kak Ana suka membaca, membuat sesuatu untuk dibaca, jalan-jalan, dan jualan-jualan. Pengagum dedaunan dan seni bangunan ini bercita-cita ingin keliling dunia. Suara altonya menjadi bagian dari paduan suara yang selalu riang gembira.

Tags

Related Article