Bola-bola Es di Danau Michigan

Bola bola Es di Danau Michigan

Kidnesia.com - Ribuan bola es menumpuk di tepi Danau Michigan, Amerika Serikat, saat musim dingin. Tidak seperti bola-bola salju yang bisa dibuat dengan tangan, bola-bola ini terbentuk secara alami. 

Bola Es Alami

Kak Leda Olmsted di Tengah Bola-bola Es Tepi Danau Michigan

Kak Leda Olmsted di Tengah Bola-bola Es Tepi Danau Michigan; Sumber Foto: Leda Olmsted dalam mlive.com

  Bagaimana bisa berbentuk bulat-bulat seperti itu, ya? Yuk, kita lihat penjelasan Ibu Annie Lipscomb, dari Sleeping Bear Dunes National Lakeshore. Ketika musim dingin, muncul lapisan es raksasa di danau Michigan. Lalu, terdapat bongkahan es besar yang terpecah-pecah lagi menjadi potongan-potongan kecil.

  Kemudian, gelombang ombak mengombang-ambing potongan-potongan es itu, hingga berangsur menjadi bentuk bulat. Pada kondisi suhu dingin yang pas, ukuran bola es dapat terus membesar, lo. Ahli meteorologi dari AccuWeather.com, Pak Jim Andrews menjelaskan, lapisan air danau menyelimuti bola es, kemudian membeku. Lapis demi lapis, ketebalan bola es terus bertambah. Berat bola es itu ada yang mencapai 30 kilogram, lo.

Terbawa Ombak ke Tepi Danau

  Sembari diombang-ambing oleh gelombang ombak dan diterpa angin, potongan-potongan es itu semakin berbentuk bulat dan terus terbawa hingga tepi danau.

  Namun, bola-bola es itu hanya muncul pada tingkat suhu dingin tertentu saja. Pada cuaca hangat, bola-bola es tidak terbentuk di Danau Michigan.

Kondisi Danau Michigan Pada Cuaca Hangat, Tidak Ada Bola Es

Kondisi Danau Michigan Pada Cuaca Hangat, Tidak Ada Bola Es; Sumber Foto: dailymail.co.uk

Bola-bola Es Menumpuk di Tepi Danau Michigan

Bola-bola Es Menumpuk di Tepi Danau Michigan; Sumber Foto: dailymail.co.uk

Teks: Cesita; Sumber: mlive.com; Sumber Foto Thumbnail: Leda Olmsted dalam mlive.com

Author

kidnesia

Tags

Related Article