Berkeliling Kremlin, Serasa di Negeri Dongeng

Berkeliling Kremlin Serasa di Negeri Dongeng

Kidnesia.com - Sejauh mata memandang, tampaklah menara-menara istana dan katedral. Bentuknya unik dan menjulang tinggi. Lalu sebentar-sebentar-terdengar lonceng berkelonengan.  Saat berkeliling Kremlin, kita serasa di Negeri Dongeng.

Abad 15

Kremlin adalah benteng bersejarah yang dibangun dari batu bata pada abad 15. Benteng ini terletak di Moskow, ibu kota Negara Federasi Rusia. Luas Kremlin sekitar 27,5 hektar dan dari luar sekilas berbentuk seperti sebuah benteng kono. Hebatnya, hingga hari ini, Kremlin dipakai sebagai pusat pemerintahan Rusia yang amat berpengaruh di dunia ini.

keliling kremlin

Katedral di Kremlin.

Mengelilingi Kremlin

Kita bisa mengawalinya dari ujung Lapangan Merah yang terhampar di depan Kremlin. Memang, Kremlin dan Lapangan Merah itu tak bisa dipisahkan. Sama-sama ngetop.

Di ujung utara Lapangan Merah, kita akan menjumpai Museum Sejarah Negara yang megah dan besar. Lalu kita nikmati Lapangan Merah yang berukuran 695 x 130 meter itu. Di sinilah para pengunjung berlalu lalang dengan sepuas-puasnya. Di sisi kanan, tampaklah tembok Kremlin yang kokoh dan berwibawa itu.

plaza-roja

Kalau kita melihat ke kanan, di situ ada bangunan yang merupakan makam Vladimir Ilych Lenin, Bapak Komunis Rusia. Sementara di nun jauh sisi kanan, mata kita akan menatap pusat perbelanjaan mewah yang disebut GUM (Gosudarstvenny Universalny Magazin). Bentuknya tinggi memanjang.

Nah, yang luar biasa, tidak jauh dari GUM, terdapat Katedral St. Basilius yang elok permai. Bentuk kubahnya mirip masjid dan berwarna-warni. Sungguh luar biasa.

Biasanya pengunjung tidak akan pernah lupa berfoto dengan latar belakang Katedral St Basilius. Dari sini kita berjalan sesaat dan kemudian belok kanan.

Sambil menyusur di samping Sungai Moskow, kita amati Kremlin. Dari kejauhan tampak menara Sang Penebus, Katedral Warta Gembira dan Katedral Maria Diangkat ke Surga. Juga terlihat Istana Kremlin yang megah. Bukan main. Kubah-kubah katedral itu berwarna kuning keemasan.

Berada di belakang Kremlin, kita bisa melihat dua bangunan besar yang dipakai sebagai museum atau koleksi senjata. Kalau kita punya kesempatan masuk ke Kremlin, maka kita bisa menengok Lonceng dan Meriam Kaisar.

Teks: Herry Gendut Janarto, Sumber: Bobo No. 35/XXXVII, Sumber foto: smartertravel.com

Author

kidnesia

Tags

Related Article