Bapak Gasing Nusantara

Bapak Gasing Nusantara

Kidnesia.com - Siapa yang pernah main gasing? Permainan ini sudah mulai langka, ya. Nah, ada seorang bapak dari Salatiga yang gemar memainkan permainan ini. Namanya Pak Endi Raras. Yuk kita kenalan dengan Pak Endi. 

Gasing merupakan permainan tradisional yang dibuat dari kayu. Bentuknya bundar dengan ujung yang lancip. Cara mainnya pun mudah, lo. Kita pegang gasingnya dengan tangan kiri. Tangan kanan kita melilitkan tali pada badan gasing. Lalu, kita tinggal menarik tali itu dan gasingnya akan berputar. Seru ya. 

Cinta Gasing 

Ternyata, yang suka main gasing tidak hanya anak-anak, lo. Pak Endi Raras juga hobi bermain gasing. Kecintaannya terhadap gasing membuatnya dijuluki Bapak Gasing Nusantara, lo. Awalnya, Pak Endi ini tertarik dengan gasing ketika mengurus Festival Gasing Indonesia. Dia kagum dengan banyaknya gasing yang ada di Indonesia. Dalam festival itu ia melihat para pemain gasing bermain sangat bagus. 

Gasing dan Penjelasannya

Pak Endi tidak cuma bermain gasing saja, lo. Pak Endi ini juga mengoleksi berbagai jenis gasing yang ada di daerah-daerah Indonesia. Katanya, ia ingin melestarikan gasing sebagai kekayaan budaya Indonesia. Pak Endi ini juga mempelajari makna yang terkandung dari setiap gasing yang dikoleksinya.

Ada ratusan gasing yang ia pajang di rumahnya. Setiap gasing koleksinya ditambahi keterangan soal asal gasing itu, bahan pembuatnya, dan makna dari gasingnya. Wah, keren sekali ya Pak Endi ini. Pak Endi terus menularkan kegemarannya ini ke orang-orang. Ia ingin masyarakat Indonesia tetap menjaga gasing agar tidak punah. Yuk, kita ikuti niat baik Pak Edi ini. 

Teks: Shela Kusumaningtyas   Sumber foto: dutawisata.co

Author

kidnesia

Tags

Related Article