Sains Teknologi

Yupiter, Sang Pelindung Bumi

Yupiter Sang Pelindung Bumi

kidnesia.com - Jupiter adalah planet kelima dan merupakan planet terbesar dalam Tata Surya. Meskipun letak planet ini sangat jauh, planet ini mudah kita lihat karena ukurannya sangat besar dan permukaannya memantulkan 70 persen cahaya matahari. Tetapi tahukah kamu, mengapa Yupiter sering disebut Planet Pilindung Bumi?

Pelindung Bumi

Teman-teman masih ingat salah satu teori tentang punahnya dinosaurus? Konon, dinosaurus punah karena ada asteroid yang menabarak Bumi dan menimbulkan ledakan yang luar biasa sehingga memusnahkan dinosaurus.

asteroid_belt

Asteroid Belt atau gugusan sabuk asteroid.

Seandainya Yupiter itu tidak ada, mungkin jutaan asteroid dan meteorit sudah menghujani Bumi dan membuat malapetaka di planet ini. Mengapa hal itu bisa terjadi? Coba kita lihat peta Tata Surya kita. Dalam susunan Tata Surya, Bumi merupakan planet keempat dari Matahari, disusul Mars dan Yupiter. Namun, kalau kita perhatikan, antara Planet Mars dan Yupiter terdapat gugusan batuan luar angkasa yang disebut asteroid belt. Batuan asteroid yang jumlahnya jutaan atau bahkan milyaran ini sewaktu-waktu bisa tertarik gravitasi sehingga meluncur ke arah Bumi.

Syukurlah ada Yupiter. Karena planet ini sangat besar dan memiliki gravitasi sangat kuat, maka batuan luar angkasa yang beterbangan di sabuk asteroid banyak yang tersedot ke planet ini sehingga Bumi jadi lebih aman.

Author

kidnesia

Tags

Related Article