Sains Teknologi

Plastik dari Sisik Ikan

Plastik dari Sisik Ikan

Kidnesia.com - Teman-teman sudah tahu kan kalau plastik itu adalah sampah yang susah diuraikan oleh tanah? Plastik-plastik itu bisa membuat tanah tidak subur, lo. Nah, kakak-kakak yang kuliah di Universitas Gajah Mada ini punya ide bagus. Mereka membuat plastik dari sisik ikan.

6417-mahasiswa-ugm-ubah-limbah-sisik-ikan-jadi-plastik-biodegradable

Ini kakak-kakaknya

Nama kakak-kakaknya yaitu Kak Cesaria Riza Asyifa, Palupi Hanggarani, Rifani Amanda, Machlery Agung Pangestu, dan Ivone Marselina Nugaraha. Kakak-kakak ini kuliah di jurusan teknik kimia.

Ramah Lingkungan 

Kakak-kakak ini menciptakan plastik yang ramah lingkungan. Plastik yang ramah lingkungan itu adalah plastik yang tidak mencemari tanah, lo. Bahannya  dari tanaman atau hewan. Zat-zat seperti kitin, kasein, dan kitosan yang ada di hewan diambil untuk dijadikan plastik. Kalau plastik dari tanaman dibuatnya dari zat pati dan selulosa. Sebenarnya, sudah ada plastik ramah lingkungan yang lain. Bahannya dari kepiting, udang, dan singkong. 

Terbuang

Kakak-kakak ini membuat plastik dari sisik ikan karena sisik ikan banyak yang dibuang. Padahal, sisik ikan itu berguna, lo. Katanya, di sisik ikan terdapat zat kitin dan kitosan yang merupakan bahan membuat plastik. Plastiknya dari sisik ikan gurame dan kakap. Mereka memperolehnya dari rumah makan di Yogyakarta. 

Pembuatan 

Proses membuat plastiknya dimulai dengan membersihkan sisik-sisik ikannya. Sisiknya lalu dijemur. Kemudian, zat kitosan yang ada di sisik dipisahkan dari proteinnya. Namanya proses deproteinasi. Lalu, zat kitin juga diambil dari sisik ikan. Kitinnya diperoleh setelah memisahkan mineral yang ada di sisik.

Prosesnya dinamakan demineralisasi. Supaya menjadi plastik, zat kitosannya harus dicampur dengan larutan asam asetat dan gliserol, ya. Proses terakhir adalah mengoven bahan-bahan itu. Jadilah plastik ramah lingkungan...Wah, semoga plastik sisik ikan ini bisa menolong bumi kita ya. Hihihihi. 

Teks: Shela Kusumaningtyas     Sumber foto: ugm.ac.id

Author

kidnesia

Tags

Related Article