Sains Teknologi

PaperTab, Si Tablet Kertas

PaperTab Si Tablet Kertas

Kidnesia.com - Kata orang, teknologi canggih akan membuat kertas ditinggalkan. Namun, kenyataannya, teknologi canggih justru dibuat mirip kertas. Salah satu buktinya, PaperTab.

papertab2
Lembaran-lembarannya menampilkan program yang berbeda-beda, secara bersamaan.
PaperTab dikembangkan Human Media Lab di Universitas Queen di Kanada bersama Plastic Logic dan Intel Lab. Bentuknya super tipis, benar-benar mirip kertas!

papertab3
Lembaran-lembarannya saling berinteraksi, hanya dengan sentuhan.
Selain tipis, tablet juga lentur seperti kertas. Bisa ditekuk-tekuk! Nah, seperti juga kertas, tablet ini juga "berlembar-lembar", bisa lebih dari 10 lembar. Setiap lembar dapat menampilkan program yang berbeda-beda, secara bersamaan.  

Lembaran-lembaran tablet kertas ini dapat saling berinteraksi. Misalnya, lembaran 1 sedang menampilkan beberapa foto. Nah, kalau lembaran 2 menyentuh salah satu foto di lembaran 1 itu, maka foto tersebut otomatis akan muncul di lembaran 2. Canggih, ya!

papertab4
Tipis dan lentur seperti kertas!
Tablet kertas ini bekerja seperti saat kita membuka buku atau majalah. Jadi, kalau ingin melihat halaman selanjutnya, kita tinggal menekuk bagian ujung atas ke arah depan. Kalau ingin melihat halaman sebelumnya, tinggal menekuk bagian ujung atas ke arah belakang. Waaa... PaperTab memang canggih, unik, dan mirip kertas banget! Tapi, lebih praktis mana, ya, membawa PaperTab "berlembar-lembar" atau membawa sebuah tablet biasa? Hmmm, kita lihat saja nanti kalau tablet kertas ini kelak diproduksi dan dijual di toko-toko.   

Teks : lita*
Foto : humanmedialab.org, gigazine.net

________________________________________________________________________________

Artikel Terkait:

1. Payung Jalanan Canggih

2. Lalat Rumah, Berbahaya dan Canggih

3. Botol Minum Canggih

Author

Nurlita Maharani