Sains Teknologi

Obscura, Cikal Bakal Kamera

Obscura Cikal Bakal Kamera

Kidnesia.com - Biasanya kamu suka memotret dengan kamera apa? Kamera pocket, kamera handphone, atau kamera DSLR? Nah, tahukah kamu bagaimana sejarah awal kamera? Yuk kita lihat!

Obscura! Yap itulah nama kamera pertama yang ditemukan oleh Pak Ibn al-Haytham. Ia lahir di Basra, Irak. Beliau lah yang menemukan kamera obscura ini pertama kali. Kerja kamera Obscura ini menggunakan lubang jarum dan lensa dalam di dinding ruangan gelap. Tujuannya untuk memproyeksikan apa yang ada di luar ke dalam ruangan dengan gambar terbalik. Whuiiiih... hebat ya penemuan Pak Ibn.

wikipedia

Kamera Obscura zaman dahulu

Dalam bahasa latin, Obscura memiliki arti ruangan gelap. Meskipun prinsip kamera sudah ditemukan pada waktu itu, tetapi hasilnya belum bisa dicetak seperti pada saat ini. Nah, pada tahun 1660, seorang ilmuwan Inggris, Robert Boyle bersama temannya Robert Hooke berhasil menciptakan kamera obscura jinjing yang lebih kecil dari kamera Obscura ciptaan pak Al-Haytham.

images

Jenis-Jenis Kamera Obscura

Kemudian pada tahun 1685, Johann Zahn menyempurnakan kamera obscura menjadi kamera yang lebih kecil dan mudah dibawa. Namun, sayangnya hasil dari kamera itu masih belum bisa tercetak.

Sampai akhirnya, pada tahun 1814, Pak Joseph Nicephore Niepce melakukan percobaan untuk mencetak foto. Percobaannya itu ia lakukan dengan menggunakan lempengan pewter (logam lunak campuran) dan  bitumen (semacam aspal). Cara kerjanya begini, saat bitumen terkena cahaya, aspal ini akan mengeras. Dan bagian yang mengeras ini kemudian dilarutkan. Nah, bagian inilah yang menjadi cikal bakal sebuah foto.

Berkat penemuan mereka-lah saat ini kita lebih mudah memotret dan mencetak sebuah foto.

(Marisa*)

Author

kidnesia

Tags

Related Article