Sains Teknologi

Eliodomestico, Alat Penghilang Garam Laut

Eliodomestico Alat Penghilang Garam Laut

Kidnesia.com - Tubuh kita sangat memerlukan air. Tahukah kamu bahwa 70 % bagian tubuh kita terdiri dari air? Airlah yang membawa zat gizi ke seluruh tubuh kita. Air pula yang membantu pengaturan suhu tubuh kita.

Air Tawar untuk Diminum

Air yang baik bagi tubuh adalah air tawar, yaitu air yang tidak berasa, tidak berbau, tidak mengandung mikroorganisme berbahaya, dan tidak mengandung logam berat. Air minum ini bisa kita dapatkan dari air yang dimasak ataupun air dalam kemasan. Air laut yang rasanya asin tidak dapat kita minum. Padahal air laut lebih banyak dibandingkan dengan air tawar.

Cara kerja eliodomestico. Air laut menguap dan meninggalkan garam di dasar bak. Air tawar hasil penguapan dialirkan ke bak di bawahnya. Sumber foto: gabrielediamanti.com.

Cara kerja eliodomestico. Air laut menguap dan meninggalkan garam di dasar bak.
Air tawar hasil penguapan dialirkan ke bak di bawahnya. Sumber foto: gabrielediamanti.com.

Manusia sudah sejak lama mencari cara untuk membuat air laut dapat diminum. Air laut bisa diubah menjadi air tawar dengan cara disuling. Alat penyuling air laut ini harganya cukup mahal, tidak semua orang bisa memilikinya.

Eliodomestico

Gabriele Diamanti, seorang lulusan teknik industri asal Italia, pernah membayangkan cara sederhana untuk membuat air laut menjadi tawar pada tahun 2005. Impiannya itu baru terwujud bertahun-tahun kemudian. Kak Gabriele membuat alat penyuling air laut dengan menggunakan tenaga matahari. Alat ini dinamakan eliodomestico. Bentuknya seperti tungku memasak dengan diameter 60 cm. Harganya hanya $ 50. Alat sederhana ini bisa menghasilkan air tawar sebanyak 5 liter per hari.

Teks: Sylvana. Sumber: gabrielediamanti.com

Author

kidnesia

Tags

Related Article