Sains Teknologi

Darimana Asalnya Angin?

Darimana Asalnya Angin

pohon tertiup angin
Daun-daun pohon bergoyang ditiup angin. Foto: Istimewa
Kidnesia.com - Daun pohon bergoyang karena angin. Rambut dan baju kita berkibar saat tertiup angin. Layang-layang melayang saat  ada angin. Darimana, sih, asalnya angin itu?

Wuss... Wuss... Angin bertiup. Angin adalah udara yang bergerak. Udara bergerak jika ada perbedaan udara pada dua tempat. Perbedaan udara ini dapat disebabkan karena perbedaan suhu udara atau tekanan udara. Misalnya, suhu udara di Jakarta panas dan suhu udara di Bogor dingin, maka udara akan bergerak dari Bogor ke Jakarta.

Hmm, kenapa udara bergerak dari tempat dingin ke tempat panas, ya? Ssst, ternyata udara terdiri dari bermacam-macam molekul gas yang tidak terlihat mata.

Kamu bisa membayangkan molekul gas itu seperti bola-bola kecil yang mengisi udara. Saat suhu udara panas, molekul-molekul gas bergerak ke atas. Ruangan udara menjadi kosong ketika molekul gas pindah ke atas. Ruangan kosong ini diisi molekul gas yang berasal dari tempat dingin.

Nah, saat molekul gas dari tempat dingin bergerak ke tempat yang panas inilah terjadi angin. Gerakan udara atau angin dapat menyebabkan daun bergoyang, rambut berkibar, dan kamu merasa sejuk.

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kn, darimana asalnya angin?

(Johanna Ernawati)

Sumber: Berbagai sumber

________________________________________________________________________________

Artikel Terkait:

1. Jenis Angin

2. Jenis angin 2

3. Asal Muasal Angin

Author

Rna

Tags

Related Article