Sains Teknologi

Cara Astronaut Tidur

Cara Astronaut Tidur

Kidnesia.com - Apakah astronaut di luar angkasa sana juga tidur seperti kita? Kalau misal tidur, bagaimana caranya, ya? 

Astronaut juga tidur karena pasti mereka juga lelah setelah bekerja. Tapi, cara mereka tidur tidak seperti kita yang di bumi, lo. 

Asal Tidak Menyenggol

Di luar angkasa, semua benda akan melayang-layang. Itu karena benda-benda tidak punya berat. Tidak ada atas dan bawah di luar angkasa. Astronaut bebas menggelar tempat tidur mereka asal menempel di dinding. Astronaut juga boleh tidur di mana saja. Asalkan saat mereka melayang, tidak menyenggol benda-benda yang lain. Padahal, kalau kita mau tidur tinggal rebahan saja, ya. Hihihi...

Kamar Luar Angkasa

Di stasiun luar angkasa tempat astronaut tinggal, ada kamar-kamar seperti di rumah kita, lo. Nah, biasanya di situlah astronaut sering tidur. Kamarnya diisi satu orang biar astronaut tidak terganggu. Kamarnya juga tidak berisik karena kedap suara. Di dalam kamar ada laci besar untuk menyimpan barang-barang astronaut. Ada juga lampu baca, rak, dan meja. Wah mirip barang-barang di rumah, ya. Oiya, kamar untuk astronaut tidur juga diberi ventilasi. Tujuannya agar ada pertukaran ada. Kalau tidak ada ventilasi, bisa-bisa astronaut pingsan karena menghirup karbondioksida yang dikeluarkan dari hasil pernapasan mereka. 

Selesai Tugas

Astronaut biasa tidur selama delapan jam sehari. Tapi, mereka tidak selalu tidur di malam hari, lo. Karena matahari terbit dan terbenam 16 kali dalam 24 jam di luar angkasa. Umumnya, astronaut tidur setelah mereka selesai bertugas. Penutup mata wajib dipakai saat tidur supaya mata astronaut tidak silau kena sinar matahari. Selama tidur, katanya astronaut juga mimpi dan mendengkur, lo. Mereka akan terbangun kalau alarmnya bunyi. Wah, sama seperti kita, ya. Hehehehe.

Kapan ya kita bisa mencoba tidur seperti astronaut?

Teks: Shela Kusumaningtyas       Sumber Foto: rgntasiamblog.wordpress.com

Author

kidnesia

Tags