Sains Teknologi

Bunga Mekar di Luar Angkasa

Bunga Mekar di Luar Angkasa

Kidnesia.com - Apakah mungkin ada kehidupan di luar angkasa? Jawabannya mungkin. Contohnya bunga dari tanaman jeruk Zinnia dapat mekar dengan baik seperti tanaman pada umumnya. Padahal tanaman itu berada di luar angksa.

Astronot Amerika Serikat, Scott Kelly mengunggah foto bunga mekar dari tanaman jeruk Zinnia. Buah jeruk itu berhasil mekar di Stasiun Ruang Angkasa Internasional atau International Space Station, ISS. Sebelumnya, jenis sayur seperti selada berhasil tumbuh di antariksa.

Pihak Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) mengatakan, kalau jeruk zinnia dipiliha karena lebih sulit tumbuh daripada tanaman selada. Tanaman itu ditanam pada sebuah 'bantal' yang berisi pupuk, benih, air, dan lempung. Kemudian disinari dengan sinar lampu LED. Jeruk zinnia ditanam dengan metode yang dibuat oleh NASA sejak tahun 2014.

Penemuan bunga mekar ini, menjadi penelitian baru bagi para astronot. Penelitian ini untuk melihat apakah ada peluang berkebun di antariksa. Harapannya, hal itu juga bisa dilakukan dengan di Mars.  

sumber : (CSMONITOR.COM/ISW) / kompas.com | foto : twitter/Scott Kelly


 

Author

Marisa Febrilian

Tags

Related Article