Sains Teknologi

Begini Cara Sabun Menghilangkan Kotoran

Begini Cara Sabun Menghilangkan Kotoran

Kidnesia.com - Ups, kaos putihnya kecipratan tanah. Eits, tenang saja, ada sabun yang siap mengusir kotoran!

  Tahukah kamu bagaimana sabun mengangkat kotoran yang menempel di baju? Sederhananya, bayangkan air, molekul sabun, dan kotoran sebagai pemeran dalam sebuah drama mengusir kotoran, ya.

  Pada intinya, sabun membantu meningkatkan kemampuan air untuk melarutkan kotoran. Semakin banyak molekul sabun yang melekat pada kotoran, pada akhirnya seluruh partikel-partikel kecil kotoran akan terperangkap oleh molekul sabun. Molekul sabun yang bertugas mengikat kotoran disebut "misel", yang larut dalam air.

soap_293x267

Hidrofilik dan Hidrofobik pada Molekul Sabun; Sumber Foto: planet-science.com

  Molekul sabun memiliki dua bagian dengan tugas berbeda. Bagian ekor, yaitu hidrofobik bertugas mengikat kotoran. Yang satu lagi, hidrofilik bertugas berpegangan di air. Hidrofilik akan menyebar dan berpegangan di seluruh wilayah air, sementara  hidrofobik terus mencari minyak kotoran lalu mengikatnya.

  Pada dasarnya, sabun bertugas mengangkat minyak dari kotoran yang menempel pada baju, badan, atau benda lain yang terkena noda. Sebenarnya, minyak tidak bisa menyatu dengan air. Nah, sabun memecah minyak menjadi bagian-bagian kecil, yang kemudian dapat bercampur dengan air.

  Kemudian, saat dibilas dengan air, molekul sabun hanyut sambil membawa minyak atau kotoran yang sudah diikatnya. Noda pun terbilas dan hilang dari baju kita.

Kerja Sabun

 

Kerja Sabun

 

Kerja Sabun

 

Kerja Sabun

Sumber Foto: www.essind.com

Teks: CesitaSumber Foto Thumbnail: www.clipart-box.com

Author

kidnesia

Tags

Related Article