Sains Teknologi

Bagaimana Kalau Astronaut Gatal?

Bagaimana Kalau Astronaut Gatal

Kidnesia.com - Apa yang akan dilakukan teman-teman kalau merasa gatal? Teman-teman bisa dengan mudah menggaruknya. Nah, bagaimana kalau astronaut di luar angkasa merasa gatal?

Astronaut memakai baju dan sarung tangan yang tebal saat di luar angkasa. Badan mereka juga melayang-layang. Tidak seperti kita yang bisa bergerak dengan bebas. Saat gatal, biasanya astronaut akan bergoyang-goyang dan berguling-guling. Mereka kesusahan sekali untuk menggaruk. Karena jika sarung tangan dilepas, maka bisa berbahaya, lo. 

Alat yang Ada

Cara lain yang sering dilakukan astronaut saat gatal di muka adalah dengan menggaruknya menggunakan mikrofon. Mikrofonnya tidak digerakkan dengan pegangan tangan, lo. Mereka harus menunduk atau bergeleng-geleng agar mikrofonnya menyentuh bagian yang gatal.

Kasihan sekali, ya. Tapi, menggaruk dengan mikrofon itu harus hati-hati. Kalau tidak, komunikasi astronaut bisa terganggu. Astronoaut juga biasa menggunakan valsava untuk menggaruk bagian yang gatal. Valsava itu busa yang ada di helm astronaut. Jika rasa gatal itu ada di bagian yang sulit dijangkau mikrofon bagaimana, ya? Terpaksa, astronout harus menahan rasa gatalnya. 

Hayo siapa yang cita-citanya menjadi astronaut? Siap-siap menahan gatal.. Hihihi.

Teks: Shela Kusumaningtyas    Sumber foto: pics-about-space.com

Author

kidnesia

Tags

Related Article