Sains Teknologi

Bagaimana Cara Diplodocus Makan?

Bagaimana Cara Diplodocus Makan

Kidnesia.com - Diplodocus adalah salah satu jenis dinosaurus bertubuh sangat besar. Dari fosil yang ditemukan, diperkirakan Diplodocus dewasa panjangnya bisa mencapai 24 meter dan beratnya 9 ton. Wow!

Diplodocus adalah pemakan tumbuhan (herbivora) yang hidup di Zaman Jurassic. Selama ini para palaentolog bertanya-tanya bagaimana cara Diplodocus makan. Diplodocus memiliki moncong panjang dengan gigi-gigi berbentuk pasak. Ukuran kepala dan mulutnya termasuk kecil bila dibandingkan dengan  badannya.

Diplodocus sangat berbeda dengan hewan-hewan yang hidup saat ini. Tidak mudah untuk mengetahui cara hidupnya karena mereka sudah lama punah. Untuk memecahkan misteri ini, Dr Mark Young dari Universitas Bristol dan Museum Sejarah Alam di London membuat model 3 dimensi dari tengkorak Diplodocus. Tengkorak ini kemudian dianalisis dengan menggunakan metode finite element analysis (FEA), yang sering digunakan untuk merancang pesawat terbang.

Dari penelitian ini diduga Diplodocus makan dengan menggigit dan mengunyah daun dengan gigi pasaknya. Giginya itu juga digunakan untuk mengupas kulit kayu. Cara makannya hampir mirip seperti rusa yang hidup di zaman sekarang.

Selain Diplodocus, masih ada beberapa dinosaurus yang ukurannya super besar. Ssst... Dinosaurus ada yang kecil juga, lo.

Teks: Sylvana. Sumber: sci-news.com

Author

kidnesia

Tags

Related Article