Sains Teknologi

Apakah Lensa Kontak Berbahaya?

Apakah Lensa Kontak Berbahaya

kontak lensa
Asalkan kamu bisa lebih berhati-hati, pakai kontak lensa pun jadi lebih aman. Foto: arsiv
Kidnesia.com - Yaitu contact lens atau lensa kontak. Benda ini memiliki banyak warna yang digunakan untuk membantu mata yang rabun jauh dan dekat untuk melihat. Namun, tak sedikit juga yang menjadikannya sebagai hiasan di mata saja.Tapi, apakah lensa kontak berbahaya? Yuk, kita cari tahu!

Contact lense atau lensa kontak awalnya ditemukan dan dibuat oleh ahli fisiologi Jerman bernama Adolf Eugen Fick tahun 1887.

Adolf menguji pemakaian lensa kontak pertama kali pada mata binatang, setelah itu pada manusia. Bahan lensa kontak saat itu terbuat dari kaca coklat yang berat dan berdiameter 18-21 mm.

Tahun 1889, August Muller membuat lensa kontak menjadi lebih sempurna, yaitu dengan perbaikan pada pandangan jarak dekat.

Lensa kontak plastik sendiri baru dibuat tahun 1948 oleh Kevin Tuohy dari California. Sedangkan, lensa kontak yang lebih lembut dan bisa membiarkan oksigen masuk ke dalam kornea ditemukan tahun 1970-an.

kontak lensa
Kontak lensa punya pilihan berbagai warna, tinggal pilih deh, yang cocok dengan mata kamu. Foto: lensaster
Hmm, kalo soal berbahaya apa enggak, itu tergantung dari cara penggunaannya. Setiap benda asing yang dimasukkan ke mata tentu ada efek samping yang ditimbulkan. Karena itu, jika kamu memilih untuk menggunakan lensa kontak, kamu harus lebih berhati-hati.

Pastikan, lensa kontak yang digunakan selalu bersih begitu juga dengan kebersihan tangan kamu. Hindari udara kotor saat memakai lensa kontak karena akan mempermudah mata kamu jadi iritasi. Jika masa kadaluarsa lensa kontak hanya sampai satu bulan, jangan gunakan lebih dari itu.

Lensa kontak tidak seperti kacamata yang bisa dipakai dan dilepas lalu diletakkan di mana saja. Lensa kontak tidak boleh ditaruh sembarangan dan kalo direndam tidak lebih dari 48 jam. Air rendamannya pun harus selalu diganti. Hehehe agak ribet, ya?

Satu lagi,nih, jangan gunakan lensa kontak saat tidur. Karena kita tidak tahu pergerakan bola mata ketika tidur. Nah, sekarang kamu tinggal pilih kacamata atau lensa kontak deh!

Jadi, kalau kamu bertanya apakah lensa kontak itu berbahaya, jawabannya adalah tergantung pemakaiannya ya! Hehehe...

Teks: Annisa, Foto: arsiv/lensaster

_____________________________________________________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Tips Pakai Lensa Kontak

- Penemu Kacamata

Author

Redaksi Kidnesia

Kidnesia - Majalah Remaja Cewek

Tags

Related Article