Ilmu Pengetahuan Umum

Tanaman Penjebak Lalat

Tanaman Penjebak Lalat

Kidnesia.com - Lalat-lalat yang sering hinggap di sekitar rumah kamu akan ketakutan kalau tanaman ini tumbuh. 

Menjebak Serangga

Tanaman ini namanya Venus Fly Trap. Tanaman ini jago menangkap lalat dan beberapa serangga lainnya, lo! Serangga mendekat karena tertarik warna merah tanaman ini. Selain itu, para serangga juga suka dengan getah yang keluar dari tengah daunnya. Serangga akan terperangkap saat menyentuh daun tanaman ini. 

Tanaman ini menangkap serangga karena hidup di tanah gersang. Serangga tersebut diambil zat gizinya. Tujuannya agar tanaman tumbuh subur. Tubuh para serangga akan dikeluarkan kembali setelah proses mencerna selesai. Daun akan terbuka menyisakan tubuh serangga di atasnya. 

Dua Bagian Daun

Tanaman ini masuk dalam jenis Dionaea muscipula. Nah, daunnya mampu membedakan benda hidup atau mati. Daun yang tumbuh sekitar 4-7 helai. Munculnya dari batang bawah yang pendek. Helai daun dibagi dalam dua bagian. Bagian pertama berbentuk hati. Tugasnya untuk menghasilkan energi. Bagian kedua adalah daun sejati. Daun inilah yang akan menangkap para serangga yang hinggap. Pertumbuhan tangkai bunganya sendiri bisa mencapai 10-25 sentimeter pada musim semi. Kumpulan bunga berwarna putih yang menawan pun akan muncul. 

Menarik Diteliti

Tanaman ini ditemukan pertama kali oleh Gubernur Kolonial Arthur Dobbs pada 2 Januari 1760. Saat itu, ia tengah menyusuri hutan di Carolina Utara. Pada tanggal 2 Januari 1760, Gubernur Kolonial Arthur Dobbs menemukan tanaman ini saat menyusuri hutan di Carolina Utara. Dia tertarik meneliti keunikan tanaman ini. Pada tahun 1875, Charles Darwin juga tertarik mempelajari tanaman ini. 

Teks: Shela Kusumaningtyas    Sumber foto: serbasembilan.com

Author

kidnesia

Tags

Related Article