Ilmu Pengetahuan Umum

Penyebab Ingus Warnanya Hijau

Penyebab Ingus Warnanya Hijau

Kidnesia.com - Biasanya kalau kita pilek, hidung kita akan mengeluarkan ingus. Warnanya hijau. Kenapa ya warnanya hijau?

Ingus itu merupakan lendir yang ada di hidung. Ingus itu muncul karena jaringan di hidung kita rusak. Rusaknya karena terdapat virus penyebab flu. Namanya Rhinovirus. Virus ini suka sekali tinggal di hidung. Sebabnya adalah suasana di hidung kita itu lembab. 

Bakteri 

Katanya, lendir berwarna hijau karena di hidung banyak bakteri yang hidup di sana. Misalnya bakteri Pseudomonas pyocyanea dan bakteri Staphylococcus aureus. Dua bakteri ini warnanya beda, lo. Bakteri pertama warnanya biru, sedangkan bakteri kedua berwarna kuning keemasan. Warna bakteri itu tercampur dan jadilah warna ingus yang hijau. 

Sel Darah Putih

Tapi, Pak C.J. van Oss menemukan penyebab yang lain kenapa ingus berwarna hijau. Pak Oss ini adalah peneliti dari Departemen Mikrobiologi State University of New York, Amerika Serikat. Katanya, ada neutrofil atau granulosit polimorfonuklir (PMN) yang di dalamnya berisi enzim mielo-peroksidase. Neutrofil itu sel darah putih yang gemar memakan bakteri. Enzim mielo-peroksidasenya mengandung besi dan oksidase. Enzim inilah yang berfungsi untuk memakan bakteri. Bakteri yang mati itu, enzimnya, dan PMN lalu terurai menjadi satu. Campurannya itu banyak mengandung besi. Makanya, ingus kita berwarna hijau. 

Sekarang, sudah tahu kan kenapa ingus kita warnanya hijau? 

Teks: Shela Kusumaningtyas    Sumber foto: unakunik.com

Author

kidnesia

Tags

Related Article