Ilmu Pengetahuan Umum

Pembersih Sampah Plastik di Laut

Pembersih Sampah Plastik di Laut

Kidnesia.com - Sampah plastik di laut ternyata jumlahnya banyaaak sekali. Padahal sampah plastik sangat berbahaya bagi lingkungan hidup. The Ocean Cleanup adalah perangkat raksasa untuk membersihkan sampah plastik di laut.

Inovasi Seorang Pemuda

Boyan Slat, pemuda yang membuat alat pembersih sampah plastik di laut. Sumber foto: boyanslat.com.

Boyan Slat, pemuda yang membuat alat pembersih sampah plastik di laut. Sumber foto: boyanslat.com.

The Ocean Cleanup adalah alat buatan Boyan Slat, seorang mahasiswa teknik asal Belanda. Kak Boyan ini masih muda, lo. Usianya baru 20 tahun. Kak Boyan membuat alat yang tujuannya membersihkan lautan dari plastik yang menumpuk di laut. Konsep ini memanfaatkan arus alami yang ada di laut.

Tahukah kamu kalau di laut ada beberapa pulau yang terbentuk oleh sampah plastik? Pulau-pulau baru inilah yang menjadi inspirasi Kak Boyan untuk membuat The Ocean Cleanup. Alat ini adalah struktur yang memiliki 2 lengan panjang. Kedua lengan ini bertugas menggiring sampah plastik yang ada di permukaan laut sampai kedalaman 3 meter. Ya, sampah plastik kebanyakan berada di permukaan laut sampai dengan kedalaman 3 meter.

Pulau baru yang terbentuk karena sampah plastik. Sumber foto: theoceancleanup.com.

Pulau baru yang terbentuk karena sampah plastik. Sumber foto: theoceancleanup.com.

Menggunakan Sumber Alami

Gerakan alami arus air akan mendorong sampah ke pusat kendali. Di pusat kendali, sampah akan disortir dan dimampatkan dalam tempat penampungan. Tempat penampungan ini dikosongkan setiap satu setengah bulan. Alat-alat ini digerakkan dengan listrik tenaga surya. Karena itu biayanya tidak terlalu mahal. Selama ini pembersihan sampah di lautan jarang dilakukan karena memerlukan biaya yang besar sekali.

Perlu waktu kira-kira 10 tahun untuk membersihkan laut dari sampah plastik menggunakan The Ocean Cleanup. Itu pun hanya bila sampah plastik tidak bertambah. Yang bisa kita lakukan hanya mengurangi sampah plastik dengan tidak membuangnya di laut.

Teks: Sylvana. Sumber: theoceancleanup.com, boyanslat.com.

Author

kidnesia

Tags

Related Article