Ilmu Pengetahuan Umum

Mengenal Sifat Air, Yuk!

Mengenal Sifat Air, Yuk!

Kidnesia.com – Air merupakan salah satu hal penting di bumi. Tanpa air, manusia, hewan, dan tumbuhan akan kesulitan untuk hidup. Dibalik jasanya yang besar... ada sifat-sifat air yang harus kamu ketahui.

Nah, di artikel ini, Nesi akan mengajak kamu untuk mengenal sifat air.

Memisahkan udara dengan api

Kebakaran bisa terjadi, karena suhu yang amat panas. Kebakaran, bisa menyebar ke tempat di sekitarnya secara cepat dengan bantuan udara. Selain itu, udara juga bisa membuat api semakin besar dan bertahan lama, lo.

Untuk mengatasi kebakaran, para pemadam biasanya menyemprotkan air. Kenapa air? Karena air bisa menurunkan suhu benda yang terbakar. Jika suhu benda tersebut turun, mak api pun akan padam. Selain menurunkan suhu, air juga bisa menghalangi udara. Jika sudah begitu, api pun akan padam.

Tidak bersahabat dengan minyak

Meski sama-sama cair, tapi air dan minyak merupakan dua zat yang tidak bersahabat. Kalaupun digabungkan dalam satu tempat, kedua zat itu tidak akan bersatu. Kenapa? Karena air lebih berat, daripada minyak.

Saat air dan minyak diaduk dalam satu tempat... mereka seperti bergabung. Padahal, mereka hanya terpisah menjadi bagian-bagian kecil. Setelah berhenti mengaduk, kedua zat tersebut akan bergerak kembali membentuk kelompoknya masing-masing.

Nah, Sahabat Nesi, itulah beberapa sifat air yang Nesi dapatkan dari buku Dunia di Sekitar Kita.

Teks: Willa, Ilustrasi: Ode

Author

willa widiana

Tags

Related Article