Ilmu Pengetahuan Umum

Memindahkan Batu Piramida Mesir

Memindahkan Batu Piramida Mesir

Kidnesia.com - Kebudayaan Mesir kuno sangat terkenal dengan piramidanya. Piramida berbahan batu itu disusun sangat tinggi. Batu-batu itu dibentuk di tempat yang jauh kemudian dibawa ke tepi Sungai Nil, tempat piramida-piramida raksasa itu berdiri. Padahal saat itu mereka belum memiliki peralatan mekanik yang canggih. Bagaimana caranya, ya?

Menuang Air

Jawabannya ternyata ada tergambar di makam Firaun Djehutihotep. Pada gambar itu, terlihat banyak orang menarik patung raksasa. Ada juga orang yang menuangkan air. Pada saat itu, penuangan air maksudnya untuk penyucian dan pemurnian. Air dituangkan sebelum pekerjaan menarik batu-batu berat dilakukan.

Pasir dan Air

Sebuah tim internasional yang dipimpin oleh Daniel Bonn dari Universitas Amsterdam menguji cara menarik benda-benda berat ini. Mereka menarik benda yang di bawahnya ada pasirnya. Hasilnya, ketika air dituangkan pada pasir di bawah benda yang ditarik, maka gesekannya lebih kecil. Kalau ditarik atau didorong, akan terasa lebih ringan.

Kalau kita membangun istana pasir, kita pasti memerlukan sedikit air. Dengan air yang cukup, istana bisa dibentuk. Air itulah yang membuat butir-butir pasir saling melekat. Terlalu banyak air juga tidak baik karena bentuknya akan hancur. Nah, butir-butir pasir di bawah patung Mesir kuno itu juga demikian. Butir-butir pasir yang saling melekat membuat benda di atasnya lebih mudah bergerak.

Misteri Terpecahkan

Jutaan orang Mesir Kuno bekerja dengan cara ini selama bertahun-tahun untuk membangun piramida. Misteri penuangan air yang dianggap sebagai ritual pemurnian telah terpecahkan. Penuangan air ternyata sangat membantu mereka memindahkan batu-batu berat itu.

Teks: Sylvana Toemon. Sumber: iflscience.com.

Author

Sylvana Toemon

Kak Ana suka membaca, membuat sesuatu untuk dibaca, jalan-jalan, dan jualan-jualan. Pengagum dedaunan dan seni bangunan ini bercita-cita ingin keliling dunia. Suara altonya menjadi bagian dari paduan suara yang selalu riang gembira.

Tags

Related Article