Ilmu Pengetahuan Umum

Kuda Bisa Memahami Ekspresi Wajah Manusia

Kuda Bisa Memahami Ekspresi Wajah Manusia

Kidnesia.com - Menurut penelitian, kuda bisa memahami ekspresi wajah manusia. Hmm... kalau kita sedang marah, apa kuda jadi takut, ya?

Sebelumnya, penelitian menunjukkan bawah anjing bisa membaca ekspresi wajah manusia. Itu karena anjing dan manusia bisa sangat akrab. Keakraban  ini membuat anjing bisa mengenali ekspresi atau emosi kita.

Nah, ternyata tidak hanya anjing yang bisa begitu, kuda pun bisa memahami ekspresi wajah manusia, lo.

Seorang peneliti dari Inggris, yaitu Pak Amy Smith bersama timnya telah melakukan penelitan terhadap 28 kuda dari 5 peternakan di Inggris. Setiap kuda ditunjukkan foto-foto manusia dengan ekspresi wajah yang berbeda-beda.

O ya, menurut penelitian sebelumnya, kuda bisa mengenali manusia hanya dengan melihat fotonya.  Ketika diperlihatkan sebuah foto manusia, beberapa kuda memperhatikan foto itu dari berbagai sudut pandang.

Nah, ketika kuda ditunjukkan foto manusia yang sedang marah, denyut jantungnya meningkat dan punggungnya terangkat. Ia tahu, manusia yang ada di dalam foto itu sedang marah. Kuda merasa takut atau terancam. Penelitian ini lalu berhasil membuktikan bahwa kuda bisa memahami ekspresi wajah manusia.

Waah, berarti kita harus hati-hati menunjukkan ekspresi wajah di depan kuda, ya, teman-teman. Bisa-bisa, kuda jadi takut melihat kita kalau kita marah.

 Teks: Iveta R., sumber: nationalgeographic.co.id, foto: www.humanhorse.nl

Author

kidnesia

Tags

Related Article