Ilmu Pengetahuan Umum

Kenapa Kertas Menguning?

Kenapa Kertas Menguning

Kidnesia.com - Coba perhatikan buku tulis kamu yang sudah disimpan lama. Warna kertasnya berubah jadi kuning, kan? Kenapa kertasnya menguning, ya? Yuk cari tahu jawabannya.

Hayo, apa bahan untuk membuat kertas? Yap, kertas dibuat dari batang pohon. Nah, batang pohon itu mengandung zat yang tetap ada meski batang pohonnya sudah berubah jadi kertas. 

Lignin

Namanya zat selulosa dan lignin. Selulosa ini berguna untuk membentuk batang pohon. Sedangkan lignin bertugas untuk menjaga batang pohon supaya kuat dan tetap keras. Teman-teman, ternyata warna putih yang ada di kertas itu dihasilkan dari selulosa yang ada di batang pohon. Semakin banyak kandungan selulosa yang dipakai, semakin putih kertasnya. Sedangkan zat ligninlah yang membuat kertas bisa menguning. 

Cahaya

Lama-lama zat lignin itu berubah menjadi asam karena kena oksigen udara, lo. Zat asam ini menyerap sebagian gelombang cahaya. Namanya chromophores. Oleh karena itu, kertas memantulkan warna cahaya yang lebih kuning. Sedangkan kertas terlihat putih karena semua cahaya dipantulkan. 

Nah teman-teman sekarang harus merawat bukunya dengan benar ya supaya kertas-kertasnya tidak menguning. Caranya, simpan bukunya di tempat yang tidak terkena matahari langsung. Hihihi...

Teks: Shela Kusumaningtyas      Sumber Foto: sains.me

Author

kidnesia

Tags

Related Article